5 Rahasia Menulis Dian Nafi
Saat mengisi acara bincang sastra di universitas islam negeri walisongo semarang, saya ditanya proses kreatif kepenulisan. Waktu sharing kepenulisan buku di workshop penulisan arsitektur dengan audience para dosen arsitektur dari kelima pulau di Indonesia, saya mestinya juga menyampaikan ini.

5 rahasia menulis ini saya dapatkan sendiri berdasarkan pengalaman 10 tahun di rimba raya kepenulisan, dan inginnya saya patenkan via HAKI.

Apa 5 Rahasia Menulis Dian Nafi

1. Banyak membaca
Tak bisa dipungkiri bahwa banyak membaca adalah syarat dan prasyarat utama. Dari membaca, apa saja, kita jadi punya banyak bahan. Membaca itu bisa teks maupun kontekstual.

Dengan membaca karya-karya maestro yang bagus, kita jadi belajar bagaimana cara membuat tulisan yang mempesona, cerita yang menyihir, rangkaian kalinat dan parafrase yang metaforis namun bermakna dalam. Tidak boros dan mengena. Dan seterusnya.

2. Banyak latihan menulis

Semakin sering kita berlatih dan praktik, dengan tentu saja semangat terus memperbaiki dan mengembangkan diri, insya Allah tulisan akan makin bagus, makin meningkat kualitasnya. Kita belajar dari kesalahan diri sendiri, terutama kita belajar mengatasi rasa malas, melawan excuse alias alasan-alasan tak beralasan.


3.  Belajar terus dari yang ahli
Kejar guru guru menulis di manapun mereka berada. Ke bali, jakarta, jogja, solo, surabaya, bandung, semarang, dst. Kita bisa belajar melalui banyak media. Sekarang bahkan youtube dan kanal kanal webinar mudah kita akses. Manfaatkan.


4. Brain storming
Miliki teman atau rekanan yang bisa diajak berdiskusi dan ngobrolin tulisan kita. Lebih seru lagi  kalau kawan brainstorming adalah guru nulis kita atau penulis yang lebih mumpuni. Guru yang baik bisa menggali potensi terbaik kita. Dia tidak memberikan jawaban tapi melempar pertanyaan yang membangkitkan kapasitas kita sendiri dalam menjawabnya.

5. Mengalami. Experience
Jelas, bahwa mengalami akan memberika  ruh pada yang kita tulis. Energinya, emosinya, muatan-muatan yang bahkan nir physic bisa turut terbawa saat kita menuangkan kembali pengalaman itu.

Itu 5 Rahasia Menulis Dian Nafi
Kalau kamu, apa rahasia menulismu?


UPCOMING EVENT

Oh ya, insya Allah akan ada workshop atau kelas webinar Writerpreneurship di Era New Normal 29 Juni 2020 nanti. 


Silakan daftar via link ini: https://gramediaacademy.com/enroll/workshop/177


Selamat menikmati perjalanan menulismu!