Kamis, 29 Agustus 2019

Workshop Akreditasi 4.0 day 9

Workshop akreditasi 4.0 day 9

Workshop akreditasi 4.0
Kriteria 9: luaran dan capaian.
Mutu prodi tdk hy ditentukan kaprodi tp seluruh tim termasuk mahasiswanya.

Analisis pemenuhan capaian pembelajaran lulusan  diukur dg metode sahih relevan. Keserbacakupan, kedalaman, kebermanfaatan analisis

#akreditasi https://t.co/Gq7vrfOdo7

Hrs ada constructive alignment
Penguatan di aspek2 lain agar bisa mendpt nilai optimal
Sequence dan peta kurikulum hrs diperkuat
Bobot tertinggi pd kurikulum, luaran dan capaian, penelitian dan PKM
Aplikasi dibuat berdsr matriks iaps 4.0 utk persiapan drafting led

#akreditasi

Peta kompetensi terbaca dg baik lewat struktur kurikulum.

Penjaminan mutu proses pendidikan dr monev, RPS dll hrs mengikuti penelitian dan pkm yg terintegrasi dg pendidikan/kurikulum

Bikin grafik tren ipk mhsw jika belum ada ipk lulusan

Akar mslh bs minim pembinaan
#akreditasi

Rekomendasi: qodlo dokumen, data ulang, pembinaan by design, telusuri bakat2 mhsw, shg kalau ikut lomba2 bs menang tdk sekedar latihan2. Ada target prestasi mhsw
Penguatan kerjsm dg asosiasi

Peta mutu per item iaps 4.0

#akreditasi https://t.co/WPPlPZJ21L

Sistem yg menghasilkan data luaran capaian
Ipk - sikadu
Prestasi-sertifikat2
Masa studi-sikadu
Daya saing lulusan-tracer study
Data dikumpul,monitor rekap per semester,kaji,analisis utk perbaikan berkelanjutan
Data luaran-kurva tren, rasio, proporsi
Simpulan tren

#akreditasi https://t.co/uWQZfMwXgM



Indikator Utama IKU
Data2 yg dianalisis
Rata2 ipk
Prestasi akademik,jumlah, jenis, lingkup
Publikasi ilmiah dtps bareng mhsw
Jumlah artikel dtps bareng mhsw
Produk/jasa dtps dg mhsw
Luaran lain: HKI-teknologi tepat guna, karya seni, rekayasa sosial, buku ber isbn

#akreditasi

Indikator kinerja tambahan

Evaluasi capaian kinerja: swot

Penjaminan mutu luaran: dokumen kebijakan ami, dll

Kepuasan pengguna: tracer study

Simpulan& tindak lanjut: sasaran mutu dan target capaian baru. Turunan dr renstra fakultas
#akreditasi https://t.co/le1HRIiKgG

Utk jd PT tertib hrs bergndengan tangan. Apalagi 4.0 harganya naik smua. Dekatlah dg matriks penilaian saat membuat borang. Copy matriks yg nilai 4, tempelkan di atas spy mudah membuat/menguraikannya.

#akreditasi


Minimal 10 jt per dosen. Solusinya dosen hrs kompetisi utk penelitian di dikti dll. Spy PT dpt  kredit meski uang masuk ke saku dosen sendiri krn dana dr luar. Dosen wajib lapor.

475 jt dr semen gresik th 2010
250 jt Riset market semen kerjasama dg petra

#akreditasi

PKM dulu cukup 3jt/th/dosen
Skrg naik jd 5jt
Dulu tdk ada tuntutan luaran misal mhsw hrs nulis artikel, karya mhs yg disitasi. Skrg ada tuntutan tsb
Yg dinilai penelitian2 mhs, pkm mhs, apa jd rujukan masy
Utk capai unggul,hrs lampaui standard SNPT. Tunjukkan d borang
#akreditasi



Perlu juga kebijakan tdk tertulis menghargai karya dlm negeri dg mensitasi karya antar dosen/mhs yg sdh terlibat. Jd buat direktori karya2 yg sdh publish. Woro2 aja anjuran saling mensitasi, gak usah hitam di atas putih nanti malah jd masalah, gratifikasi.
#akreditasi





Aipt siapkan 2 th sblm submit.
UNY terlempar dari ring 1 Dikti. 2010 peringkat 10. 2018 peringkat 11. 2019 peringkat 16 di bawah univ telkom 14 upi 15.
Mantan ikip tdk ada yg di ring 1, skrg terlempar semuanya.
Data2 kerjasama byk tp terlambat entry. Kepatuhan 0,8
#akreditasi


Utk jd PT tertib hrs bergndengan tangan. Apalagi 4.0 harganya naik smua. Dekatlah dg matriks penilaian saat membuat borang. Copy matriks yg nilai 4, tempelkan di atas spy mudah membuat/menguraikannya.

#akreditasi


Buat kewajiban mhs nulis artikel utk skripsi. Tdk bisa lulus kalau belum serahkan  artikel berdasar skripsi, divalidasi dosbing dan dipublish jurnal mahasiswa. Keuntungnnya jurnal terbit 2 bln sekali.
Karya2 bagus bisa dipresentasikan ke seminar internasional
#akreditasi https://t.co/I9sYt70GrO



Kasih umpan

Dg iming2 utk Q1 ada htgnnya. Mhs dpt 2 juta, pembimbingnya juga.

Mhs magister yg bisa scopus bebas  ujian tesis. Dst.

#akreditasi


Hrs ada penjaga gawang.
Data lkps dr PDPT pangkalan. Semua PT hrs tertib data.
Kemenristekdikti: pemeringkatan berdsar kepatuhan pd PDPT

Keserbacakupan, kedalaman, kebermanfaatan

Kurva dg jaring laba2 jika lebar utuh kuat. Penting utk analisa perbaikan berkelanjutan
#akreditasi https://t.co/nooWJtvrOq




Assesor bs menemukan tumpang tindih dan bentroknya.
Analisis yg tdk berdsrkan fakta akan  berpengaruh pd penilaian

Dg cara apa mengukur CPL
Shg bs diyakini alatnya valid,variable. Baru bs dinilai keserbacukupan, kedalaman, kebermanfaatan.

#akreditasi https://t.co/CqeL9Dkmat


Utk prodi yg blum py lulusan, bs dirumuskan  spt apa perubahannya dr thn ke tahun, misal TS0 sampai TS3.
Tunjukkan bhw penilaian dilakukan bareng konselor, krn akan jd tambahan penilaian.

#akreditasi



Bbrp mhsw s2 mau bayar kuliah lagi spy lulusnya nunggu prodinya terakreditasi B atau A dulu. Dan berusaha keras spy ikut dongkrak akreditasi.

Tp ada juga mhs yg ngalah mau lulus dulu dan skrg s3 di norman univ china. Berkah ngalah

Mhsw py byk skor. Adakan kejuaraan2
#akreditasi https://t.co/roqxhuSGQz


Yg paling penting ditrace:
Etika
Keahlian
Kemampuan berbhs asing
Penggunaan IT
Kemampuan komunikasi
Kerjasama tim
Pengembangan diri
#akreditasi https://t.co/F8T5JV2SS3

Skrg prestasi non akademik dpt poin. Tapi yg kejuaraan2. Kalau presentasi internasional tdk masuk.

Mulai tata, tertibkan. Bikin sistem otomatis yg hitung rata2 ipk dan rata2 masa studi. Tdk perlu ada data2 berserakan, cukup buka sistem sama2. Lbh nyaman

LAM pendidikan sdh dilaunching tp implementasinya belum bisa krn biaya operasional tinggi. APKIN siap2 bentuk tim BAN PT tdk akan serta merta melepas. Akan mengundang asosiasi2 pendidikan utk bentuk LAM pendidikan

Ada kultur santri tawadlu dan adab pd guru. Shg mrk tdk mau ngisi form kritik utk dosen Klo stain, kyknya bukan krn adab ya tp wegah. Krn dosen pun males presensi, kok kyk pekerja pabrik aja. Utk mhsw ada e-monev. Awal dan akhir semester. Kalau tdk ngisi, tdk bs HS

Cara2 sistem akan mengurangi kepekewuhan tapi juga mengurangi shodaqoh. Krn semua dikirim via rekening. Dan byk dosen mengeluh krn kalau sdh masuk rekening jd diterima istri. Dg sistem relatif jelas, menegakkan aturan. Krn diskresi pertolongan kdg disalahgunakan

Skrg ada raport juga utk dosen. Feedback dan tindak lanjut. Sbnrnya itu masukan yg berguna. Utk menjamin obyektifitas, tdk ada identitas pengisi. Prof emiritus 83th mundur krn baca input dr mhsw "ibu sdh tua". Tp tetap diikutkan dan dijemput klo ada acara2 kampus.

Perlombaan antar PT dianggap nasional itu kan hy kesepakatan. Tetapi level lokal, nasional, internasional itu kriterianya apa. Prinsip: Jgn sampai kosong. Lomba lokal antar jurusan di tarbiyah, bs masuk. Skor 2. Lumayan. Pekan ilmiah mahasiswa nasional. Pioneer

Lomba2 yg diadakan terus menerus dan makin byk peserta bs dianggap bergengsi. Meski diselenggarakan antar Hima.


Baca juga Rangkuman Workshop Akreditasi
Day 10

Workshop Akreditasi 4.0 day 8


Workshop Akreditasi 4.0 day 8





Kriteria 8 dari Akreditasi 4.0 adalah temtang Pengabdian kepada Masyarakat aka PKM.

Sistematikanya sama dengan kriteria yang lain. Ada sembilan item utama.
Latar belakang berisi latar belakang, tujuan, dan rasional strategi pencapaian standar proses PkM mencakup: perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan PkM yang didasarkan atas analisis internal dan eksternal, serta posisi dan keunggulan pada bidang keilmuan program studi.

Kemudian ada Kebijakan yang  Berisi deskripsi dokumen formal kebijakan PkM yang mencakup peta jalan PkM dan pelaksanaannya.




Ibu Dewi juga memberikan salinan Panduan Penilaian KInerja Pengabdian Kepada Masyarakat versi DIKTI.


Selanjutnya ada Strategi pencapaian standar mencakup strategi UPPS dalam pencapaian standar yang sudah ditetapkan oleh perguruan tinggi terkait PkM di UPPS. Pada bagian ini juga harus diuraikan bagaimana UPPS mengalokasikan sumber daya untuk mencapai standar yang telah ditetapkan serta mekanisme kontrol pencapaiannya

Lalu ada IKU alias Indikator Kinerja Utama menampilkan data PkM dengan representasi yang komprehensif serta simpulkan kecenderungan yang terjadi, seperti kurva tren, rasio, proporsi yang meliputi:

a) Keterlibatan mahasiswa dalam PkM DTPS dalam 3 tahun terakhir (Tabel 7. LKPS).

b) Pemanfaatan hasil PkM DTPS dalam pembelajaran yang telah dilakukan dalam 3 tahun terakhir (Tabel 5.b. LKPS). Kaitkan dengan agenda PkM dosen yang merupakan penjabaran dari peta jalan PkM UPPS dan mendukung capaian pembelajaran.


Relevansi PkM DTPS di UPPS mencakup unsur-unsur sebagai berikut:

a) memiliki peta jalan yang memayungi tema PkM dosen dan mahasiswa serta hilirisasi/penerapan keilmuan program studi.

b) dosen dan mahasiswa melaksanakan PkM sesuai dengan peta jalan PkM.

c) melakukan evaluasi kesesuaian PkM dosen dan mahasiswa dengan peta jalan, dan menggunakan hasil evaluasi untuk perbaikan relevansi PkM dan pengembangan keilmuan program studi

Dan ada juga IKT aka Indikator kinerja tambahan yaitu indikator proses PkM lain yang ditetapkan 

oleh masing-masing perguruan tinggi untuk melampui SN- DIKTI. Data indikator kinerja tambahan yang sahih harus diukur, dimonitor, dikaji dan dianalisis untuk perbaikan berkelanjutan.


Ibu DEwi, narsum kali ini, memberikan contoh-contoh proposal Pengabdian Kepada Masyarakat ini. Usul Program Bagi Masyarakat yang terdiri atas Pendahuluan, Target dan Luaran, Metode pelaksanaan, Kelayakan Perguruan Tinggi, Biaya dan Jadwal Kegiatan serta Daftar Pustaka.

Evaluasi Capaian KInerja berisi deskripsi dan analisis keberhasilan dan/atau ketidakberhasilan pencapaian standar yang telah ditetapkan. Capaian kinerja harus diukur dengan metoda yang tepat, dan hasilnya dianalisis serta dievaluasi. Analisis terhadap capaian kinerja harus mencakup identifikasi akar masalah, faktor pendukung keberhasilan dan faktor penghambat ketercapaian standar, dan deskripsi singkat tindak lanjut yang akan dilakukan institusi.

Penjaminan Mutu PKM mengandung deskripsi dan bukti sahih tentang implementasi sistem penjaminan mutu di UPPS yang sesuai dengan standar mutu perguruan tinggi terkait PkM mengikuti siklus penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan perbaikan berkelanjutan (PPEPP).

Kepuasan Pengguna berisi:

a) Deskripsi sistem untuk mengukur kepuasan pengguna proses PkM (pengabdi dan mitra), termasuk kejelasan instrumen yang digunakan, pelaksanaan, perekaman dan analisis datanya.

b) Ketersediaan bukti yang sahih tentang hasil pengukuran kepuasan pengabdi dan mitra yang dilaksanakan secara konsisten, dan ditindaklanjuti secara berkala dan tersistem.


Contoh-contoh pengabdian kepada masyarakat yang disajikan bu Dewi antara lain:
Pembuatan Sumur Resapan untuk mengatasi masalah masyarakat.
Program Iptek Bagi Masyakat: KELOMPOK PEDULI AIR KECAMATAN WIROSARI KABUPATEN GROBOGAN
LITERASI SPASIAL WILAYAH INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN CINTA TANAH AIR. Berupa bimbingan untuk guru. Lusrannya berupa Buku panduan literasi spasial wilayah Indonesia  & Artikel  




Dan yang terakhir dari kriteria 8 ini adalah Simpulan Hasil Evaluasi dan Tindak Lanjut berisi ringkasan dari: pemosisian, masalah dan akar masalah, serta rencana perbaikan dan pengembangan UPPS.


Baca juga Rangkuman Workshop Akreditasi
Day 10

Minggu, 25 Agustus 2019

Jakarta International Literary Festival Day 3

 Jakarta International Literary Festival Day 3




Salah satu wall di exhibiton  Jakarta International Literary Festival  menampilkan tentang  Sastra Pergerakan. 
Ini lho contoh nyata bahwa sastra itu sngat berguna. Semangat perjuangan melawan penjajahan jadi makin berkobar karena disuarakan lewat sastra pergerakan.

Dinding lainnya menampilkan Balai Pustaka. Satu satunya referensi di jamannya. 




Hari keempat symposium lima Againts Biases ada Bejan Mastur dari Turki, Zainab Priya Dala dari Afrika yang keren banget lugas tangkas cerdas tapi aku gak sempat nyapa in person huhuhu sedih, saras dewi dan mba Hera Diani dari majalah magdalene.


Sambil menunggu sesi simposium dimulai aku sempat chit chat dengan mbak Hera. Seru banget obrolan dengan mba Hera pagi itu. Dari tema gender, media, start up dan investor, event, thematic workshop, online learning, gaya kerja anak milenial, dan tantangan2 kepenulisan serta jurnalisme.




Hari ketiga sesi siang ada symposium enam The South Gazes Back ada Akhil Katyal dari India yang keren banget tapi aku juga gak sempat nyapa in person langsung, Prabda Yoon dari Thailand yang sempat nyapa tapi gak foto bareng, Zen Hae dan Ari Joga


Di sela-sela antara acara panel, aku sempat foto bareng Om Yusi Avanto Pareanom, pak ketua yang kecapekan 




Hari ketiga sore ada talkshow Fiction and Truth
Yang ngobrolin jurnalis semua nih yang juga berprofesi sebagai penulis. Jadi memang seru banget. Adventorous dan menantang sekali kisah kisahnya. Ada Faisal Tehrani dari Malaysia yang tujuh bukunya kena banned dari pemerintah karena menyuarakan kaum marginal, Shenaz dari Maritius yang kisah dan cara berkisahnya sangat menyentuh, juga mba Linda Christanty



Seneng banget ketemu mbak Linda lagi. Terakhir ketemu sekitar dua atau tiga tahun lalu di Jogja waktu mba Linda ngisi workshop nulis cerpen yang dia sampaikan dengan gaya yang seru banget karena kami diajak ajojing. 😀
























Baca lebih lanjutnya tentang Jakarta International Literary Festival
Day 1
Day 2
Day 3
Day 4

Senin, 19 Agustus 2019

Workshop akreditasi program studi 9 Kriteria Day 7.

Workshop akreditasi program studi 9 Kriteria Day 7. Kriteria 7: penelitian


Gambar





Baca Juga Workshop Akreditasi 9 Kriteria
Day 1
Day 2
Day 3
Day 4
Day 5
Day 6



Upayakan web utk upload hasil penelitian. Yg sering terjadi, byk yg tdk suka penelitiannya diakses byk orang krn malu. Atau upload mepet2 deadline supaya tdk ditiru

Dasar 15 jt Terapan 25 jr Multi 40 jt Pengembangan 100jt


Standar proses BOPTN bisa submit lewat litapdimas atau manual Hrs ikut proses planning, organizing, actuating, controlling, output, outcome Mengutamakan prinsip efisiensi, efektivitas, akuntabilitas. Ada RAB nya Sesuai kaidah ilmiah n standar mutu penelitian


Hrs edukatif, otentik, obyektif, akuntabel, transparan Instrumen hrs valid, reliable, sahih, handal Reviewer punya ID sesuai bidang ilmu yg dinilai Bobot scoring hrs sesuai pedoman Hasil penilaian reviewer hrs terdokumentasi


Hrs menguasai metode penelitian. Kuantitatif lebih cepat LPM hrs kasih workshop2 Yg mevalidasi siapa? Kalau dosbing susah ditemui, dosen2 lain bisa Cari reviewer dr luar kalau di dlm institusi belum ada SK reviewer dari dirjen pendis Bobot scoring bs dr LP2M



Peneliti baik dosen, tendik,laboran, pustakawan, hrs py ID peneliti, nidn, npwp, sk jabfung Pegang teguh nilai2 agama, akhlaq mulia, jujur, beretika peneliti Paham visi PT Punya keilmuan yg mengintegrasikan sains dan agama

Sesuai renstra prodi, fakultas, institusi Sesuai RIP LP2M ikuti komisi etik, susun panduan,sediakan fasilitas, punya sistem penjaminan mutu,laksanakn monev LP2M mefasilitasi peningkatan mutu peneliti via seminar, workshop LP2M mefasilitasi publikasi pd jurnal terindex

Standar pendanaan LP2M menentukan kluster penelitian dan pembiayaan LP2M upayakan dana penelitian


Pernyataan isi standar, indikator, strategi


Borang gak boleh spt cerpen. Hrs ada link nya. Buat borang yg terbaik dan tdk asal2an. Skrg lagi musim assesor menurunkan nilai krn borangnya jelek. Sebab itu ruh-nya prodi. PT besar kena suspend tdk boleh meluluskan 2x krn borangnya copas/plagiasi



UM Malang raja pendidikan bhs inggris dpt C pdhl profesornya byk. Kaprodinya tenang krn mmg dikerjakan sendirian. Tdk ada yg dukung dan bantu. Terjadi krn ketidakpedulian Tdk ada nomenklatur anggaran utk akreditasi Kalau tdk ada komitmen utk jaga prodi,pasti lari



Hrs ada perjuangan utk memberi fasilitas bagi tim yg mengerjakan borang . Hrs ada support dukungan data dll. Yg sulit adl mencari dokumen2 yg tdk jelas keberadaannya. Minta hasil penelitian ke dosen aja susah. P Azra,p Komar,p Fuad. Org2 besar malah susah dimintai


gara2 ribut orgNisasi antara PMII dan HMI. S2 Fakultas adab uin jkt dpt akreditasi C krn akhirnya kirim draft borang s1. Boleh gontok2an asal kalau pas buat borang bisa kompak Gara2 ada rebutan rektor, dokumen disembunyikan. Assesor jauh2 visit gak bs lihat



Jangan saling mengandalkan shg borang tidak jadi atau asal2an. Kasihan mahasiswa, sdh 4 tahun kuliah gak bisa lulus. Hrs nunggu akreditasi lagi. Bisa 2 th Borang itu mirip perempuan. Tugas assesor mempreteli ketdkwajaran polesan borang Jgn sampai abnormal. Wajar sj



Nulis borang yg wajar. Jangan dokumennya dibohongin Kalau butuh silabus,bs download yg mirip,dimodifikasi. Yg mmg gak ada&bisa dibuat, baiknya dibuat Kalau sifatnya panduan, boleh dibuat Kalau penelitian, ya hrs sesuai yg sdh dilakukan. Kalau copas borang, ya bhy #akreditasi



Payungnya penelitian adl roadmap. Relevan tdk.


Gambar

Persyaratan lulus


Harus muncul di roadmap. Misal: payungnya adl Berbasis imersi digital dan nilai2 keislaman. Maka kalau itu rumah, maka jendela, pintu dll ornamennya hrs nyambung/sesuai dg desain rumahnya


Menyusun Roadmap bisa dg mengambil dan mengembangkan dari ARKAN. Yg perlu diperhatikan dlm menyusun roadmap


Contoh roadmap

Gambar







Penelitian dosen dan mahasiswa hrs dukung pengembangan prodi


Latar belakang kayak alfatihah. Krn mencakup semua di bawahnya. Sbg introduction #akreditasi Kasih linknya dalam kurung stlh peraturan2 yg disebut.


Link yg ditaruh utk menerangkan pernyataan dokumen dlm narasi boleh berulang2 jika mmg dibutuhkan.


Jumlah halaman gak usah banyak2. Yg penting komprehensif


Kebijakan = roadmap Agar enak dibaca, sajikan dlm tabel, infografis. Dari roadmap penelitian PT ke roadmap penelitian prodi


Rencana tahunan penelitian prodi


Indikator kinerja utama adalah kriteria minimal yg harus dicapai sesuai dg panduan SNPT.


Indikator kinerja tambahan = ciri khas institusi. Sesuatu yg tdk ada dlm SNPT.


Miisal Buku hasil bisa dijual, digunakan Jd pusat pengembangan pengajaran Terjalin kerjasama2 dg sekolah2 utk pemanfaatan dosen2 sbg konsultan pengajaran



Mhs dilibatkan dlm penelitian misalnya: neliti ttg sunan kudus Mhsw dimihta neliti ttg sufisme nya Mhs diminta skripsi ttg humanismenya Kita yg merangkum dr bbrp penelitan mhsw Mhsw lulus dg subtopik kita Kita punya penelitian yg lbh luas dan dalam


Bukti keterlibatan mahasiswa dg laporan2


Strategi Ada target tahunan dan pelaksana


Sumberdaya yang dialokasikan dan mekanisme kontrol dinarasikan juga dlm strategi Cantumkan link2 yg relevan/terkait.


Indikator Kinerja utama Tulis sasaran, IKU, target dan realisasinya 3 tahun terakhir.


Paling gampang indikator pakai Jumlah, atau Prosentase, atau Skor #kriteria. Yg menetapkan target adl pimpinan dan dosen2nya sendiri.


Ditulis dlm bentuk tabel agar mudah dan cepat dibaca assesor.


Target yg gagal dicapai hrs dianalisa scr verbal, dituliskan di bawahnya


Keterlibatan mahasiswa dg bukti serah terima laporan penelitian.


Supaya gak sampai kosong, cari skripsi2 mahasiswa yg mirip2 atau relevan dg penelitian dosen. Terus masukkan. Tahunnya boleh diganti biar logis.


Integrasi penelitian dlm pembelajaran


Indikator kinerja tanbahan = dampak dr keberhasilan penelitian. Pemanfaatan produk yg bisa menggenerate uang dan masukan


Dokumen2 bs berbentuk foto2 diupload di web dg caption. Bisa jd rujukan borang. Sbg bukti kegiatan, bukti kerjasama. Upload ke sosmed, youtube. Tdk perlu laporan berbundel2. Tdk ilang krn tayang di internet, tinggal diklik. Abstract nya aja yg dilink juga bisa.



Idealnya ya minta ijin ke mahasiswa yg data skripsinya dipakai utk bikin penelitian payung. Tp kalau tdk minta ijin tdk apa. Kan ada kredit menyebutkan data2 itu dr mana. Dan skripsi tsb toh sdh dimasukkan dlm laporan/web Kalau tdk tayang ke web. Upload dokumen2 ke google drive. Link nya yang dibagikan dlm borang. Buat folder2 sesuai kebutuhan. Tdk berbiaya tapi byk manfaatnya. Krn gak hrs bayar web


Yg sering ngawur nulisnya itu pd weakness, opportunity dan ancaman.

Gambar
Strength n weakness itu dr dlm diri, identifikasi. Opportunity n ancaman itu dr luar Jangan kontradiksi antara analisa swot dg keterangan2 yg sdh ada di bagian2 sebelumnya di atas

Gambar

Narasi di bawah analisa #Akreditasi
Penjaminan mutu pakai PPEPP dr SNPT. Tapi boleh pakai siklus action research. Rektor hrs bikin SK buat dosen yg mengadakan penelitian mandiri. Kepuasan pengguna
Pengguna=peneliti dan mitra Instrumen praktis dg questionair dg range indikator Rumuskan sendiri saja indikatonya yg kira2 bisa terukur
impulan Jelaskan ulang. Ambil dr penjelasan di atasnya PENILAIAN Relevansi Roadmap Penelitian dosen mhsw sesuai agenda Evaluasi kesesuaian dg roadmap Menggunakan hasil evaluasi utk perbaikan dan pengembangan prodi
Kalau kemenag gak bisa kasih dana penelitian mbok ya kasih kemudahan dlm akses, jaringan, birokrasi dst.
Harus dibuat jelas aturan. Siapa yg bisa dpt kredit jika dosen dan mahasiswa yg kolaborasi sama2 memasukkan ke jurmal. Kalau aturan jelas, tdk akan ada yg complain. Krn gagasan itu mahal. Kode etiknya begitu Hrs segera dibangun agar budaya penelitian kondusif
enelitian tindakan kelas relatif murah. Sambil mengajar sambil meneliti. Gak perlu bikin uas misalnya. Tp beri tugas2 penelitian kecil utk mahasiswa. Dr latar blkg sampai kesimpulan. Bentuknya artikel. Kita perbaiki jd artikel baru Yg desain adl dosen

Peneitian bahasa termasuk sulit di litapdimas krn reviewernya gak ngerti. Gak paham Misal. Metafora. Penelitian di kemenag mindsetnya masih IAIN

Pakai proposal bahasa inggris cenderung diterima krn reviewernya gak ngerti

Bukti fisik integrasi misalnya: Dalam RPS sebutkan bahannya adl penelitian/artikel yg mana.


Baca juga Rangkuman Workshop Akreditasi

Day 10