Tanya Dokter Kandungan Tentang Kebiasaan-kebiasaan yang Tidak Boleh Dilakukan Selama Kehamilan

Kehamilan memang jadi masa yang paling rentan bagi wanita, saat dimana tengah ada janin yang dikandung sehingga membuat Anda juga harus semakin ekstra waspada dalam menjaganya, sehingga nantinya kehamilan juga akan berjalan sehat, sampai memasuki masa melahirkan. Kesehatan bumil juga mempengaruhi kesehatan janin yang sedang dikandung, itulah mengapa sangat penting bagi Anda di dalam menjaga kesehatan diri dan juga kandungan secara tepat. Lebih sering tanya dokter kandungan untuk perawatannya.

Asupan nutrisi hendaknya harus dipenuhi, karena sangat berhubungan dengan kecukupan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin yang ada dalam kandungan. Jika sampai kekurangan asupan nutrisi ini tentunya juga sangat berbahaya, karena bisa beresiko memicu beragam jenis masalah. Mulai diantaranya adalah berat badan bayi yang kurang dari normal sampai dengan bayi yang tidak tumbuh sempurna atau cacat. Jangan sepelekan kondisi semacam ini, pastinya Anda ingin agar si kecil lahir normal dan sehat bukan.

Sebaiknya bagi calon ibu sendiri setidaknya ada beberapa jenis kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan selama masa kehamilan, guna menjaga kandungan agar tetap sehat, diantaranya adalah:

Duduk terlalu lama, wanita yang tengah hamil memang dianjurkan tidak boleh terlalu banyak beraktivitas karena akan membuat mereka mudah lelah. Hanya saja duduk terlalu lama juga tidak begitu dianjurkan. Karena ternyata seseorang yang kebanyakan duduk bisa meningkatkan resiko untuk terkena depresi selama masa kehamilan. Untuk itu sebaiknya jangan terlalu malas sehingga membuat Anda hanya duduk seharian di rumah. Begitupun jika seandainya pekerjaan mengharuskan untuk duduk, agaknya selingi dengan jalan-jalan atau menggerakkan kaki selama satu jam sekali. Hal ini berguna untuk mencegah depresi yang mungkin bisa berakibat fatal pada janin yang ada dalam kandungan, karena bisa menghambat perkembangannya.
Berdiri terlalu lama, selain duduk terlalu lama, nyatanya berdiri terlalu lama juga tidak begitu baik dilakukan oleh wanita yang sedang hamil, apalagi pada trimester ketiga kehamilan, mengingat hal ini beresiko menyebabkan beragam jenis masalah, mulai diantaranya adalah sakit punggung sampai dengan pembengkakan yang terjadi pada kaki. Selain itu nantinya juga akan membuat Anda menjadi cepat lelah, jadi jika seandainya ini berhubungan dengan pekerjaan, maka selingi dengan duduk atau istirahat.
Merokok atau berada di sekeliling orang yang merokok, baik itu menjadi perokok pasif maupun aktif keduanya jelas berbahaya. Karena seperti yang diketahui bahwa rokok ini memang mengandung beragam jenis zat yang berbahaya bagi kesehatan, apalagi bagi wanita yang sedang hamil, asap rokok ini nantinya bisa menyebabkan terjadinya kelahiran bayi secara prematur, bahkan juga kemungkinan bayi lahir dengan berat badan yang rendah.
Mengonsumsi obat secara sembarangan, ingat ketika Anda tengah hamil sebenarnya tidak sembarangan obat dapat dikonsumsi, karena hal ini juga beresiko terhadap janin yang Anda kandung tersebut. Untuk itu hendaknya harus lebih selektif lagi di dalam pilah-pilih jenis obat yang aman untuk Anda konsumsi, jika perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Tanya dokter kandungan mengenai jenis obat yang aman dan tidak dikonsumsi saat hamil. Biasanya dokter sendiri akan meresepkan obat khusus bagi wanita yang sedang hamil.

Setidaknya itulah beberapa kebiasaan yang tidak boleh dilakukan oleh wanita selama masa kehamilan. Sekarang ini Anda bisa konsultasi lebih mudah mengenai masalah kandungan ini secara online lewat aplikasi Halodoc.