Kamis, 20 Juli 2017

Sharing Kepenulisan Bagi 100 Pustakawan Di Salatiga

Sharing Kepenulisan Bagi 100 Pustakawan Di Salatiga



Alhamdulillah tengah minggu ini aku berkesempatan sharing kepenulisan di Perpusda Salatiga. Seminar dan pelatihan menulis ini diperuntukkan bagi seratus pustakawan yang bekerja di berbagai instansi dan sekolah di Salatiga


Pagi-pagi sekali aku berangkat sehingga sebelum mengisi pelatihan, sempat jalan-jalan mengelilingi kawasan Perpusda Salatiga yang rupanya meraih peringkat kedua terbaik setelah Perpusda Wonosobo.


Selain bangunan dan interiornya yang menarik dan nyaman, bagian eksteriornya juga dikelola sedemikian rupa sehingga membuat betah pengunjungnya. Konon sekitar seribu-an pengunjung datang setiap harinya ke perpusda ini.

Dan banyak perpustakaan lain yang datang berkunjung untuk study banding. Perpusda Salatiga menjadi semacam prototype bagi perpusda maupun perpustakaan lainnya.

 
Banyak spot-spot dan sudut-sudut yang asyik banget di lantai duanya. Bisa duduk lesehan sambil membaca dan menulis di situ, dengan view pemandangan alam terbuka yang bisa dinikmati lewat bukaan jendela yang luas dan tinggi.

Whoaaaa, seandainya rumahku dekat perpusda ini, bisa dipastikan tiap hari aku berkunjung dan bisa menulis dengan lancar di spot-spot itu. Bayangkan berapa banyak inspirasi memasuki kepala dengan tempat yang senyaman dan seeksotis ini. Pantesan saja seribu pengunjung datang ke sini.





Meski aku sudah siap di tempat sejak jam setengah delapan, namun pelatihan menulis sendiri baru dimulai jam sembilan. Sembari menunggu itu, pak Kepala Perpus dan ketua Ikatan Pustakawan Indonesia tingkat Jateng menemaniku berbincang tentang kepustakaan, literasi dan geliat Salatiga memenangkan berbagai kompetisi. Salut banget.




 Alhamdulillah seminar dan pelatihan kepenulisan berjalan lancar dan sukses. Atas antusiasme audience, aku juga sempat bagikan beberapa buku sebagai reward.

 Sesi pemaparan materi kemudian dilanjutkan dengan sesi praktik. Semua peserta membuat sebuah karya tulisan dan dipilih dua terbaik untuk dipublikasikan di media milik perpusda Salatiga.

Usai sesi penilaian, dilanjut sesi bengkel naskah hingga akhir waktu acara ini selesai. Senang banget membaca seluruh naskah yang beragam ide dan juga cara penuturannya. Semoga setelah seminar dan pelatihan ini, teman-teman pustakawan makin semangat  dan mengembangkan ketrampilan menulisnya.

Keep and joy writing ya teman-teman!







Senin, 17 Juli 2017

Writravellicious Goes To Merdeka City Walk Medan

Writravellicious Goes To Merdeka City Walk Medan




Beruntung banget aku pada akhirnya bisa berkunjung ke Medan. Dua kali lagi, dalam dua bulan berturut-turut. 
 
Adalah buku Socioteenpreneur terbitan Emir aka Penerbit Erlangga yang membawaku road show ke beberapa sekolah dan kampus di sana. 




Setelah bulan lalu tak sempat ketemuan dengan teman sesama mahasiswa dulu di Teknik Arsitektur Undip, malam itu akhirnya kesampaian juga kami kopdaran. Dia dan istrinya menjemputku di hotel malam itu, dan kami pun meluncur ke Merdeka Walk.


Konon katanya ini tempat makan yang wajib banget didatangi kalau lagi ke kota Medan. Pusat makanan ini hits banget terutama buat kalangan anak muda. Lokasinya juga sangat strategis, karena berada tepat di jantung kota Medan yaitu di Lapangan Merdeka.


 Nggak lupa aku berpose di depan gerbang Merdeka Walk Medan ini, buat kenang-kenangan. Halagh :D






Benar saja pas sampai sana, kami lihat banyak sekali anak muda nongkrong-nongkrong. Di area pelatarannya ada  berbagai hiburan seperti live music, dll.



 Oh ya parkirnya lumayan jauh ya dari tempat makannya karena parkiran yang dekat sudah full mobil. Dus sepanjang perjalanan dari parkiran ke area food court, kami ngobrol panjang tentang Medan, aneka gosipnya, dan aku jadi belajar sedikit-sedikit bahasa Medan. Horas bah!


Ada banyak sekali gerai makanan dan restoran yang berada di Merdeka Walk ini.

Aku, temanku dan istrinya menyusuri dan menikmati malam di Merdeka Walk sembari mencari-cari tempat duduk yang enak dan tentu saja menu yang asyik.



Sesudah sempat keliling-keliling akhirnya kita memilih tempat duduk di salah satu pojok court.  Lumayan strategis untuk menikmati suasana.

Begitu kita duduk, semua pelayan dari resto-resto yang ada di sebelah pun ikutan menyodorkan menu. Whoaaaa,  jadi bingung  mau pesen apa.


Kami pun membolak-balik lembaran menu yang ditawarkan. Sangarnya nih, temanku dan istrinya ini pesan hampir semua yang ditawarkan. Mateeeek....mereka kayaknya bakalan habisin sebagian besar gajian mereka buat nraktir aku hari itu deh.

Jadi ada Horfun, Dim Sum,dan entah apalagi namanya aku lupa. Kami juga pesan pancake durian serta es kriim.


Dim Sum-nya enak bangeeeet. Harganya juga mahal bangeeeeet. Tapi asli saking enaknya, jadi pengen nambah hahaha tapi jangan ah, ntar bisa meledak nih perutnya.





Sambil makan kami ngobrol dan berbincang sampai hampir tengah malam. Tapi karena besok aku harus mengejar penerbangan pagi-pagi sekali untuk balik, jadi kami terpaksa berpisah malam itu. Mereka mengantarku kembali ke hotel dan berjanji kapan-kapan ketemuan lagi. Aamiin.

Semoga bisa berkunjung ke Medan lagi ya karena masih banyak destinasi yang belum sempat didatangi.

Aamiin ya Allah...


Nih dia videonya...


Aman Ngantri Asistensian Dengan Uri Cran

Aman Ngantri Asistensian Dengan Uri Cran







Kalau ngomong tentang anyang-anyangen, aku langsung teringat salah satu teman masa kuliah dulu di kampus jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Undip.  Anaknya mungil, putih, cantik, imut deh pokoknya. Tapiiii...sering banget mondar mandir ke kamar kecil. Hehehe.

"Kamu nih kenapa sih riiin?" tanya teman-temanku.
"Hehehe.." dan dia meringis.

Lalu kami semua tahu ternyata dia anyang-anyangan.






Beberapa kali saat kami antri panjang untuk asistensi tugas ke dosen pembimbing, si Rin ini suka bikin keki. Karena bolak balik ke kamar kecil, kadang antriannya diambil oleh teman yang lain.
Tapi ntar tiba-tiba dia datang dengan wajah merengut,"idiiih kan tahu kalau aku bakal balik, kenapa diambil antrianku."
"Ya kamu enak aja, main jalan-jalan sana sini. Kami yang diminta jaga jatah antrianmu, ih!" protes teman yang lain. Meski mungkin maksudnya godain aja.
"Eh kamu tuh ya, nggak tahu kan rasa sakitnya anyang-anyangan. Mau sakitnya?" cerocos si Rin membela diri.

Lalu kami biasanya tertawa sama-sama, ramai-ramai, untuk mengademkan suasana yang panas. Tapi ya gitu, besok ada antrian lagi, kami lagi yang jagain jatah antrian si Rin. Hehe.





Rupanya kalau dalam istilah kedokteran, anyang-anyangan disebut dengan infeksi saluran kemih. Anyang-anyangan  bisa menimbulkan rasa ingin buang air kecil tapi buang air kecil air  yang dikeluarkan cuma sedikit.

Rasa sakitnya seperti yang dialami  penderita batu ginjal. Jika anyang-anyangan  tidak sembuh lebih dari  tiga hari sebaiknya diperiksakan ke dokter sebab bisa jadi indikasi penyakit  serius.

Gejalanya antara lain ingin selalu buang air kecil, rasa nyeri atau sakit saat berkemih dan volume urin yang dikeluarkan sedikit sekali.
 




Penyebab anyang-anyangan antara lain:
1. Kuman yang masuk ke dalam saluran kemih bisa menyebabkan anyang-anyangan. Karenanya mari kita  jaga kebersihan saat berkemih atau saat ke kamar mandi.
2. Bakteri chlamydia. Bakteri ini ada pada vagina wanita. Saat wanita terkena keputihan bakteri itu bisa masuk ke dalam saluran kemih dan menyebabkan wanita menjadi terkena keputihan.
3. Pada pria anyang-anyangan bisa karena alergi. Misalkan oleh lendir atau cairan vagina yang ada pada pasangan setelah berhubungan intim. Pengecekan alergi terhadap cairan keputihan wanita ini penting dilakukan supaya  pria juga terjaga kesehatannya.
4.  Kurang menjaga kebersihan organ intim, sebelum dan sesudah berhubungan. Bakteri dan kuman yang ada di dalam organ intim bisa masuk ke dalam saluran kemih.
5. Struktur Organ Intim yang Tidak Normal. Misalnya refluks urin yang lebih tinggi dibandingkan saluran kemih bisa meningkatkan tekanan hidrostatik. Tekanan itu bisa memunculkan infeksi saluran kemih.
6. Prostat yang tergangggu fungsinya bisa menjadi penyebab anyang-anyangan pada pria.
7.  Penderita diabetes mellitus sering ingin selalu buang air kecil meskipun urin yang dikeluarkan cuma sedikit. Penderita asam urat dan tekanan darah tinggi juga bisa terkena.
8. Jika kita membiarkan tubuh dehidrasi, produksi urin akan semakin sedikit dan menyebabkan sulit  berkemih.

9. Wanita yang sedang hamil tua biasanya akan anyang-anyangan. Karena saat usia kandungan membesar, rahim akan menekan kantung kemih. Kantung kemih yang tertekan membuatnya  selalu ingin buang air kecil, meski urinenya sedikit.

10. Wanita dengan uretra lebih pendek bisa terkena anyang-anyangan, sebab kuman dan bakteri bisa dengan mudah langsung masuk ke saluran kemih.
11.  Efek pemakian alat KB antara lain adanya rasa ingin buang air kecil secara terus menerus. Apalagi jika berbentuk spiral yang dimasukkan ke dalam rahim wanita.

 12. Menopause menyebabkan penurunan hormon estrogen bisa menyebabkan seseorang menjadi terkena anyang-anyangan.
13. Batu ginjal bisa menekan saluran kemih. Akibatnya ada rasa ingin berkemih terus-terusan namun tidak bisa dikeluarkan semua sebab  tersumbat  batu ginjal tersebut.





bila Anda terbiasa membilas dari arah belakang ke depan, maka inipun juga bisa menjadi penyebab anyang-anyangan. Cara membilas organ keintiman seperti ini bisa membuat E.coli dari anus masuk ke alat kelamin, dan bila mencapai saluran kencing, maka itu dapat menginfeksi kandung kemih. Maka dari itu, mulai sekarang usaplah dari depan ke belakang ketika cebok
Bersumber dari: 21 Penyebab Anyang-Anyangan yang Tak Boleh Disepelekan - Mediskus

Bakteri yang biasanya ada pada vagina ini merupakan salah satu penyebab mengapa seorang wanita mengalami keputihan. Dan kalau bakteri ini sampai masuk ke saluran kemih, maka dapat menimbulkan infeksi yang tidak diinginkan.
Bersumber dari: 21 Penyebab Anyang-Anyangan yang Tak Boleh Disepelekan - Mediskus
bila Anda terbiasa membilas dari arah belakang ke depan, maka inipun juga bisa menjadi penyebab anyang-anyangan. Cara membilas organ keintiman seperti ini bisa membuat E.coli dari anus masuk ke alat kelamin, dan bila mencapai saluran kencing, maka itu dapat menginfeksi kandung kemih. Maka dari itu, mulai sekarang usaplah dari depan ke belakang ketika cebok
Bersumber dari: 21 Penyebab Anyang-Anyangan yang Tak Boleh Disepelekan - Mediskus

bila Anda terbiasa membilas dari arah belakang ke depan, maka inipun juga bisa menjadi penyebab anyang-anyangan. Cara membilas organ keintiman seperti ini bisa membuat E.coli dari anus masuk ke alat kelamin, dan bila mencapai saluran kencing, maka itu dapat menginfeksi kandung kemih. Maka dari itu, mulai sekarang usaplah dari depan ke belakang ketika cebok
Bersumber dari: 21 Penyebab Anyang-Anyangan yang Tak Boleh Disepelekan - Mediskus



Cara mengatasi anyang-anyangan,
Berikut beberapa alternatif cara mengatasi infeksi saluran kemih ini.

1. Berbagai jenis obat anti biotik  bisa digunakan untuk membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan anyang-anyangan.
2. Infeksi saluran kemih bisa diobati dengan beberapa pilihan  ramuan tradisional:

  • Dua buah kulit semangka segar, 60 gram alang-alang segar dan juga 60 gram rambut jagung. Caranya cuci bersih semua bahan dan kemudian rebus menggunakan 400 cc air, sisakan setengahnya kemudian minum dua kali sehari.
  • 30 gram meniran segar dan juga 30 gram tumbuhan kumis kucing yang segar. Cuci bersih kemudian rebus menggunakan 600 cc air. Sisakan hanya 300 cc saja kemudian saring dan minum sebanyak dua kali sehari.
  • 30 gram daun keji beling yang segar dan juga 30 gram daun belimbing manis yang masih segar. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 600 cc air, sisakan setengahnya. Minum sebanyak dua kali sehari.
  • 7 buah lembar daun alpukat dan juga 30 gram daun cocor bebek. Rebus semua bahan menggunakan 700 cc air kemudian sisakan menjadi 300 cc air. Minum sebanyak dua kali sehari.
  • 30 gram sawi yang masih segar, 30 gram semanggi dan juga 30 gram gula pasir. Caranya adalah dengan mencuci bersih semua bahan-bahan yang telah disiapkan kemudian rebus dengan 600 cc air dan sisakan setengahnya. Campurkan menggunakan gula pasir kemudian minum sebanyak dua kali sehari.

3. Minum banyak air putih bisa meredakan anyang-anyangan dikarenakan dehidrasi.
4. Mendengarkan gemericik keran bisa menyebabkan orang yang sulit berkemih bisa berkemih sedikit demi sedikit. Namun cara ini tidak akan berhasil bagi penderita pembesaran prostat.
5. Air jeruk nipis dapat  untuk mengobati anyang-anyangan karena  mengandung vitamin C. Peras air jeruk nipis, seduh dengan air hangat, campurkan dengan gula sedikit, minum selagi hangat.


Uricran memiliki kandungan Cranberry yang menjadi solusi alami untuk anyang-anyangan 

Oh ya, selain herbal yang disebutkan di atas tadi, ada pula yang namanya buah Cranberry. Buah ini  kaya akan proantocyanidin untuk mencegah bakteri E. Coli menempel pada saluran kemih.
Ekstrak Cranberry dapat mengatasi anyang-anyangan karena di dalam buah tersebut terdapat Proantocyanidin yang fungsinya untuk mencegah dan menangkap bakteri yang menempel pada saluran kemih.

Jika bakteri E. Coli ditangkap oleh Proantocyanidin maka bakteri tersebut tidak jadi menempel di saluran kemih dan terbebaslah anda dari penyakit Infeksi Saluran Kemih. Dengan demikian, susah buang air kecil pun akan teratasi.


Jika sering mengkonsumsi buah Cranberry maka kita akan terhindar dari anyang-anyangan. Sayangnya buah ini susah untuk ditemukan di Indonesia, tetapi banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada.
Meskipun susah untuk mendapatkan buah tersebut, tapi tidak perlu khawatir karena kita bisa membeli  dalam bentuk ekstrak buah Cranberry, dengan khasiat yang lebih baik tentunya.  Produk yang mengandung ekstrak buah Cranberry itu adalah Prive uri-cran.


















Prive uri-cran ini aman dikonsumsi tiap hari dan aman juga dikonsumsi oleh wanita hamil. Jadi jangan khawatir ya. Bisa juga dinikmati dengan air biasa atau ditambahkan es batu.
Prive uri-cran sendiri ada dua macam yaitu Prive uri-cran dan Prive uri-cran Plus.

Prive uri-cran merupakan ekstrak buah cranberry berbentuk kapsul dengan komposisi Vaccinium macrocarpon (ekstrak Cranberry) 250 mg dan mengandung 18 mg PAC (Proanthocyanidin) Symptoms.

1 box Prive uri-cran berisi 3 blister yang masing-masing blister berisi 10 kapsul. Aturan minumnya bisa dengan meminum 1-2 kapsul per hari.

Sedangkan Prive uri-cran Plus ekstrak buah cranberry berbentuk Powder Sachet dengan komposisi 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vitamin C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, dan 0.1 mg Bifidobacterium bifidum.

Isi 1 box Prive uri-cran Plus ada 15 sachet dan aturan minumnya 1-2 Sachet per hari. 


So, semestinya tidak perlu risau lagi karena harus bolak balik ke kamar mandi saat harus mengantri asistensian. Iya kan?

Minggu, 16 Juli 2017

Kreasi Soup Ayam So Good Siap Masak


Kreasi Soup Ayam So Good Siap Masak






 Sudah mau siang, siap menyambut anak pulang sekolah hari pertama nih. Siapin masakan apa ya?

Biasanya kan ayam dari so good kita goreng aja tuh. Sreng....jadi deh.
Nah, kali ini pengen yang sedikit beda. Tapi karena si embak asisten PRT baru saja tadi malam ayahnya meninggal dunia, jadi rencana mau bikin garang asem ayam batal deh. Nggak apa-apa ya.



Jadi yang sebenarnya kemarin itu setelah melakukan polling di twitter tentang resep masakan apa yang mau kita pakai untuk mengolah ayam ini, kami sepakat dengan jawaban follower untuk memasak garang asem.

Buat yang belum tahu, garang asem tuh masakan khas yang terkenal di Demak. Jadi tiap kali ada wisatawan lokal ataupun wisatawan manca negara yang datang ke kota Wali ini. Mungkin karena bahan dan  cara memasaknya yang agak nyleneh, jadi rasanya eksotis banget. Dan juga ngangenin.


 
Ada bahan bikin soup di kulkas, jadi pagi ini kita mau masak makanan yang sederhana ini tapi kebanyakan orang justru suka karena selain ada kuahnya, juga mengandung sayuran yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

 












 Berikut bahan-bahan dan cara memasaknya.

Bahan Membuat Sop Ayam :
– Ayam siap masak dari So Good
– 2 siung bawang putih, 2 bawang merah cincang halus
–  sayuran kol, sledri, wortel, tomat
– 1200 ml air
– 1 1/4 sendok teh garam
– 1/2 sdt merica bubuk
– 1 batang daun bawang, iris halus
– 2 sdm minyak goreng (untuk menumis)
- kaldu untuk penyedap


Cara Membuat Sop Ayam :
  • Langkah pertama, tumis  bawang putih dan bawang merah hingga tercium bau wanginya. 
  • Kemudian masukkan ayam beserta wortel dan bahan sayuran lain. Tumis hingga harum.
  • Selanjutnya, tambahkan air dan masak hingga mendidih. 
  • Lanjutkan dengan memasukkan kaldu ayam, merica bubuk dan garam, kemudian aduk rata. 
  • Masukkan tomat di bagian akhir. Lalu masukkan daun bawang, dan aduk hingga merata.
  • Setelah matang, matikan api. 
  • Setelah itu Sop  Ayam buatan  siap disajikan.


Kenapa soup jadi masakan favorit anak-anakku, keponakan-keponakanku dan pada umumnya anak-anak ya? Mungkin karena ada kuahnya sehingga menyegarkan.

Meski sederhana, semangkuk sup ayam yang hangat bisa membuat kondisi kita semakin baik dan sehat.

Penelitian ilmiah membuktikan bahwa sup ayam punya kemampuan medis. Satu penelitian menemukan bahwa mengonsumsi sup ayam akan menurunkan gejala flu dan masalah pernapasan dengan cara bergerak di sekeliling neutrofil dalam tubuh. Neutrofil adalah bagian dari sel darah putih yang berguna untuk mencegah infeksi dalam tubuh.

Dalam sup juga terkandung vitamin A dan selenium. Cairan hangat seperti kaldu ayam, bisa berguna untuk meningkatkan hidrasi tubuh serta 'membersihkan' hidung kita.

Sayur-sayuran seperti wortel dan lainnya mengandung vitamin A, C, dan antioksidan lainnya akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan ayam adalah sumber protein. Tadi ada sedikit kentang juga kutaruh dalam soup ini. Bisa menambah asupan karbohidrat yang membuat kita bertenaga kembali.

Yuk kirimkan resep kreasi masakan favoritmu. Khususnya masakan khas Indonesia dengan berbahan dasar SO GOOD Ayam Potong dan SO GOOD Siap Masak.

Kreasi masakmu bisa menjadi inspirasi banyak orang lain lho. Terutama dalam menyajikan sajian yang menggugah selera, praktis dan mudah diolah juga disajikan, dan tentunya menarik dan istimewa bagi keluarga.