Yang Baru dari Falcon



Setelah lebih dari satu tahun pandemic covid-19 terjadi, dan kini mulai memasuki new normal, Falcon Publishing mulai membuka pre order lagi. Pada April-Mei 2021 ini ada pre order untuk sepuluh buku terbarunya. Penerbitan yang merupakan pengembangan dari keberadaan Falcon sebagai Production House (film maker) ini sangat menarik kehadirannya. Karena buku-buku yang terbit di sana otomatis juga mendapat kesempatan dan peluang dilirik oleh stake holders termasuk production house dan film maker. Seru kan ya kalau buku difilmkan, ataupun film dibuat versi bukunya.

Penasaran ada buku apa saja dari Falcon Publishing di season ini? Terdapat sepuluh Teman Ngabubook read yang bisa teman-teman pesan. Ada serial Si Juki Anak Kosan, Warkop DKI Kartun, komik Kecebong Kaesayangan, Haru Mahameru, Jodoh Sang Superstar, Nawaitu Cinta, Gadis Pramugari, Istri Kedua Gus, Kekasih Semusim, dan Filosofi Endog.

Alhamdulillah aku berkesempatan menjadi first reader dari buku-buku tersebut. Kali ini aku mau membahas beberapa judul dari sepuluh judul yang bisa teman-teman pre order dari sekarang. Apa aja judul buku itu? Check it out!
.





Kekasih Semusim by Dini Fitria
Harga 90rb
Jumlah Halaman 350
Tanggal Terbit 2 Mei 2021
ISBN 9786026714633
Bahasa Indonesia
Penerbit Falcon Publishing
Berat 0.33 kg
Lebar 14.0 cm
Panjang 20.5 cm

Nih dia blurbnya: Kanaya berusaha menyembunyikan hubungan asmaranya dengan sang kekasih. Ia tahu, kalau ibunya selalu bereaksi berlebihan setiap kali mendengar dirinya dekat dengan lelaki. Dalam sebuah perjalan ke Eropa, Kanaya diam-diam bertemu dengan kekasihnya. Perasaannya terhadap sang kekasih semakin dalam, namun ia merasa hubungan mereka tanpa kepastian. Akankah hubungan mereka bertahan lebih dari semusim?

Waktu aku pergi ke Belanda untuk presentasi paper di konferensi Internasional di Radboud University dua tahun lalu, sebenarnya aku ingin mampir berkunjung ke Praha juga usai conference. Sayangnya waktu sangat terbatas, hanya ada dua minggu saja. Sehingga aku cuma dapat Belgia, Prancis dan Jerman sebagai destinasi wisata mlipirnya. Panelis lain berkesempatan ke Praha, tapi terpaksa tidak sempat ke Belgia dan Prancis. Demikianlah kita terpaksa memilih. Karena hidup penuh dengan pilihan tersebab keterbatasan. #eaaaa

Makanya novel mbak Dini Fitria ini menarik perhatianku karena settingnya Eropa, khususnya Praha. Aku sudah pernah membaca novel mbak Dini yang terdahulu. Karena dia seorang host, anchor TV dan traveler, maka tidaklah heran jika novel-novelnya menyajikan tempat-tempat yang menarik. Seorang penulis yang sudah mengunjungi langsung lokasi-lokasi yang menjadi setting karya-karyanya seringkali memiliki sentuhan dan sajian yang khas dan berbeda. Seakan ada ruh dan jiwanya. 

Novel ini semakin relate denganku karena melihat hubungan Kanaya yang kucing-kucingan dengan ibunya yang keras. Just remind me to my mom. Aku juga dilarang pacaran sehingga akhirnya back street. Buat teman-teman yang juga mengalami situasi sama, bisa kebayanglah gimana deg-degannya back street tuh. #eaaaa

Dari judul Kekasih Semusim, teman-teman mungkin bisa mendapat sedikit gambaran kisah asmara ini sesingkat apa. Tapi yakin deh, teman-teman mungkin tidak akan menyadari ada kejutan apa saja di sana. Penasaran kan?

Makanya harus beli dan baca sendiri yaaa...

Oh ya, ada juga cerita dengan setting 1965 (tahun legendaris dalam novel-novel Indonesia) yang dikisahkan eyang Yono dalam novel ini. Membuat layers alias lapisan-lapisan dalam novel ini menambah kekayaan pengetahuan dan wawasan sejarah yang dibungkus dalam kisah yang humanis. 







Istri Kedua Gus by Annisa AE
Harga 90rb
Jumlah Halaman 348.0
Tanggal Terbit 2 Mei 2021
ISBN 9786026714640
Falcon Publishing
Berat 0.3 kg
Lebar 14.0 cm
Panjang 20.5 cm


Blurb bukunya nih: Nisa tak pernah menyangka seorang Gus akan melamarnya. Apalagi, Sang Gus mau menjadikannya sebagai istri kedua. Dengan dukungan orangtuanya, Nisa pun menerima lamaran sang Gus. Dan, setelah resmi menjadi istri kedua sang Gus, Nisa pun harus menghadapi segala tekanan mulai dari lingkungan sekitar hingga istri pertama sang Gus.

Nah, yang sebenarnya sepulang dari konferensi Internasional di Belanda itu, aku berencana menulis novel-novel tentang poligami. Berhubung paperku sebenarnya berangkat dari penelitian tiga tahunku terhadap 54 keluarga poligamers (pelaku poligami) Bayangkan saja betapa banyak bahan yang bisa kukembangkan dari situ. Sayangnya aku kemudian sibuk mengerjakan akreditasi kampus, mengajar coding di pesantren, lalu sekarang kuliah S2 kebijakan publik karena dapat beasiswa, mulai tesis dst, sehingga rencana menulis novel poligami itu belum kelar, hiks hiks. 

Makanya ketika beberapa penulis lain menulis novel-novel poligami, aku bersyukur bahwa akhirnya ada yang mewujudkan rencanaku. Termasuk novel istri kedua Gus ini. Bahasanya yang ringan dan menggunakan gaya keseharian, membuat novel ini bisa diikuti siapa saja. Tidak harus dibaca dengan kening berkerut. Dinamika kehidupan pesantren dan poligami berkelit kelindan di sini serta disajikan seimbang. Pembaca bisa mengambil hikmah sendiri tanpa harus merasa digurui. Yang juga menarik adalah kisahnya merupakan salah satu gambaran dari temuan paperku, bahwa kadang istri kedua itu yang mengalah. Bukan seperti stigma yang umumnya berlaku dalam masyarakat kalau istri pertama yang selalu tersakiti. 





Filosofi Endog : Resep Hidup Ala Chef Arnold
Chef Arnold Poernomo
69rb
Jumlah Halaman 160.0
Tanggal Terbit 2 Mei 2021
ISBN 9786026714701
Bahasa Indonesia
Penerbit Falcon Publishing
Berat 0.125 kg
Lebar 13.0 cm
Panjang 19.0 cm


Aku suka membaca buku personal literature. Apalagi yang mengandung hikmah dan filosofi hidup gitu. Makanya buku Filosofi Endog karya Chef Arnold ini membetot perhatianku. Apalagi covernya attractive banget, baik gambar ilustrasi maupun warnanya yang ngejreng.


Chef yang sangat terkenal dan juga ramah di media sosial sehingga makin punya banyak penggemar ini membagikan kiat-kiat hidup serta karirnya dalam buku ini. Dia memberikan gambaran bagaimana mental yang seharusnya kita miliki untuk menghadapi naik turunnya kehidupan. Dan juga resep hidup untuk tangguh bergelut di dunia nyata maupun dunia maya.

Selain entertaining, buku ini tentu saja educating dan inspiring. Patut dikoleksi dan dibaca deh.





Warkop DKI Kartun

Siapa yang nggak kenal warkop. Apalagi kalau orang yang seusiaku (hahaha) sudah pasti kenal. Karena dari semasa aku kecil, orang-orang rumah suka menonton serial Warkop di televisi. Walaupun kadang-kadang ada lucu-lucunya yang ya gitu deh hehehe. Tapi sejak aku tahu kalau para personelnya ternyata juga merupakan mahasiswa yang aktifis pada masanya, tumbuh respek terhadap mereka. Dan akhirnya mulai melihat movement atau gerakan melucu lewat lawakan dan film-film seri warkop itu adalah cara mereka untuk menyampaikan kritik sosial dengan kemasan yang menarik dan tidak frontal.


Maka kehadiran buku Warkop DKI Kartun ini kurasa memiliki spirit dan semangat yang sama. Selain entertaining, juga inspiring. Apalagi penyajiannya dalam bentuk kartun yang pasti kreatif dan colourful





Nawaitu Cinta
Rp 69.000
Masih ada kaitannya dengan poligami nih. Tapi yang ini sang suami menolak untuk poligami. Penasaran kan? Buku kumpulan tulisan ini merupakan curahan hati  Natta Reza. Cerita mengenai awal mula berumah tangga. Walaupun dengan Wawa, mereka  saling cinta namun ternyata bukan berarti tanpa konflik. Alhamdulillahnya semua bisa diatasi dengan rasa saling mengerti dan menyayangi. 
Buku ini bisa menjadi panduan bagaimana melewati masa-masa awal pernikahan yang kadang masih  penuh dengan kejutan dan juga tantangan. 


Trus ada juga Si Juki Anak Kosan #1 karya Faza Meonk
Juki dan teman-temannya punya cerita, harus mencari anggota baru untuk HIMATIGA di kampus yang terancam bubar sampai mencari asal-usul paket misterius. Kelucuan apa lagi yang bakal disasjikan Juki di petualangannya kali ini?


Bahkan ada buku Kecebong K(A)Esayangan karya KAESANG DAN TIM SANG JAVAS, yang bercerita tentang kehidupan masyarakat kecebong di bawah kolam. Kolam tersebut bernama Kolam Nusantara. Kolam ini sangat unik. Ratusan, bahkan ribuan kecebong, turun-temurun hidup di sini. Dalam komik ini, ada banyak cerita tentang aktivitas dan problematik kecebong selayaknya manusia biasa


Gimana? Seru-seru kan?
Teman-teman bisa pre-order buku-buku terbitan Falcon Publishing tersebut dari tanggal 26-30 April 2021 ini. Langsung aja cek ke https://link.tree/falconpublishing01


Selamat Ngabookread!

#bukufalcon #ngabookreadfalcon #falconpublishing