Bincang Buku dan Kepenulisan on air RRI Jakarta dalam rangka Hari Buku Internasional 23 April 2021




Alhamdulillah seneng banget waktu aku dihubungi untuk wawancara via telpon dalam rangka siaran on air RRI Jakarta. Percakapan seputar buku dan kepenulisan pagi itu (Minggu 25 April 2021) masih dalam rangka peringatan hari buku Internasional 23 April 2021 kemarin. 

Sebelumnya beberapa tahun lalu aku juga berkesempatan hadir dan diwawancarai RRI Jakarta. Waktu itu kami membahas novel Matahari Mata Hati terbitan Tiga Serangkai. Ndilalahnya juga pas Ramadhan juga. Hanya saja waktu itu karena tidak ada pandemi, aku hadir secara langsung alias fisik ke stasiun radionya. Kali ini karena pandemi, jadi per telpon saja. Ternyata sama serunya ya.

Selain membahas buku-buku terbaruku, kepenulisan, aktifitas dan award yang paling update yang alhamdulillah kudapat, kami juga membahas tema-tema buku yang paling terkini. Serta banyak perubahan atau transformasi buku, seperti audio book, virtual book, visual book, digital book, sampai platform online yang menyediakan buku per chapter, dan bagaimana era disrupsi ini memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi banyak orang untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam dunia literasi dan perbukuan.  

Pertanyaan-pertanyaannya juga termasuk mengenai perkembangan buku di era disrupsi dan juga pandemic covid-19 ini. Apakah penerbitan juga mengalami dampaknya, sejauh mana. Memang penerbitan buku mengalami situasi sulit juga karena efek pandemi ini, namun  saat ini rupanya perlahan-lahan penerbitan buku sudah mulai menggeliat lagi. Terbukti beberapa penerbit sudah mulai mencetak buku-buku setelah sebelumnya sempat menundanya, dan baru mencetak versi digital alias ebooknya. Alhamdulillah.

Thanks a lot RRI Jakarta for having me:)