Sabtu, 21 Oktober 2017

REFLEKSI HARI SANTRI

REFLEKSI HARI SANTRI


 Subhanallah
semalam bergetar melihat gema sholawat nariyah dibaca di seluruh pelosok negeri. Di Lirboyo, simpang lima semarang, kendal, kalimantan, madura, dan semua kota di Indonesia.

Ini bukan hanya show of force (yang itu berarti unjuk kekuatan) tetapi sekaligus penghambaan dan pengakuan ketundukan diri pada Yang Maha Mengabulkan doa.

Betapa indahnya.

1 milyar sholawat nariyah dilantunkan di seluruh sudut negeri ini, memohon kepadaNya agar NKRI diselamatkan, dijaga, diberkahi.

Lalu di time ine, kita bisa lihat antusiasme para santri yang kini berani tampil menunjukkan identitas kesantriannya.

Banyak tokoh mengeluarkan opini dan juga tips triknya menjadi santri yang sukses.

Berikut ini di antaranya.

Tips kunci agar santri-santri sukses dalam menyerap ilmu pengetahuan dan memanfaatkan ilmu yang telah didapatkan.  (dari Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto, KH Asep Saifuddin Abdul Chalim)


Yang pertama adalah ajeg dalam berkesungguhan, jangan berkesungguahan dalam satu bulan saja, tapi terus-menerus. istiqomah.

Yang kedua, tidak boleh kenyang karena kalau sampai kenyang tidak bisa cerdas.

Yang ketiga, tidak boleh maksiat karena maksiat itu beban. Ketika orang belajar dan mambaswa beban, apalagi beban psikologis, santri tidak akan bisa mengerti akan pelajarannya

Yang keempat, santri harus punya wudlu karena wudlu itu cahaya. Sementara ilmu yang disampaikan oleh guru itu datangnya kepada pemikiran muridnya dalam bentuk abstrak, cahaya. Ketika cahaya datang diterima oleh yang memiliki cahaya, maka akan mudah terserap.



Aku pun mau mengungkapkan kebenaran dan kesejatian dari apa yang pernah kulahirkan. Karya buku terbaruku terbitan Grasindo ini sesungguhnya berdasarkan spirit ajaran yang disampaikan di kalangan santri. Ilmu tasawuf.

Jadi dalam buku How To Reset Your Life ini memakai pendekatan takholli, tahalli, tajalli.
selengkapnya teman-teman bisa beli bukunya di toko buku Gramedia maupun online book stores.

Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

**
Untuk  kerjasama  review, liputan, event, narsum dll
For reservation,  review and any other collaboration
please do not hesitate to contact at 085701591957 (sms/wa)
Line: diannafi57
Email: diannafihasfa@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar