Kamis, 24 November 2016

Writravellicious On Monorail Sentosa

Writravellicious On Monorail Sentosa


Sudah lihat video klipnya Rizky Febian yang Penantian Berharga, belum? Iya, video klip yang bikin baper banget itu? Hehehe
Nah, ada adegannya dia naik monorail kan tuh? Yang ngejar dan akhirnya tlisipan ama ceweknya? Nih dia monorail Sentosa atau disebut juga sebagai Sentosa Express. Yang pernah ke TMII mungkin pernah naik semacam monorail ini. Cuma kalau di TMII, ia menjadi salah satu wahana, kalau di Sentosa, dia menghubungkan beberapa station juga. Jadi alat transportasi menuju dan meninggalkan Sentosa Island.


Menaiki monorail memang merupakan salah satu dari enam cara menuju pulau Sentosa dan Universal Studio Singapore. Jadi sebenarnya ada enam cara menuju ke Sentosa Island Singapore. Karena memang Pulau Sentosa ini merupakan pulau resort khusus yang terpisah dari pulau utama Singapore.  Walaupun terpisah, akan tetapi jaraknya dari pulau utama sangatlah dekat karena hanya dibatasi oleh selat sempit, dan ada jembatan yang panjangnya tak sampai satu kilometer yang menjadi penghubung antara pulau Sentosa dengan pulau utama Singapore.



Nih dia beberapa pilihan caranya:
  1. Naik monorail yang disebut juga Sentosa Express dari  St.James Power Station yang letaknya di lantai 3 mall vivoo city
  2. Naik bus RWS8 dari halte bus vivoo city atau halte bus harbourfront
  3. Naik cable car (kereta gantung) dari Harbourfront Tower 2 yang letaknya berada di sebelah mall harbourfront
  4. Jalan kaki ke sentosa dari belakang mall vivoo city di lantai 1 (Vivoo city’s waterfront promenade) menyusuri Sentosa Boardwalk.
  5. Naik taxi ke sentosa
  6. Sewa mobil khusus + sopir menuju sentosa


Bagi yang memilih untuk naik monorail atau sentosa express, maka terlebih dulu harus menuju Sentosa Station yang bernama St James Power Station yang terletak di lantai tiga atau paling atas bagian depan sebelah kiri mall vivoo city.
Jika dari mall vivoo city atau stasiun MRT harbourfront, bisa naik eskalator dari mall Vivoo City ke lantai tiga dengan terlebih dulu mencari tanda petunjuk arah Sentosa Express atau St. James Power Station.
 Selain dengan eskalator, cara yang lebih efektif terutama jika dari stasiun MRT harbourfront adalah dengan naik lift dari lantai B2 mall vivoo city (letaknya di sebelah kiri setelah keluar melalui exit E). Lift ini akan langsung bisa membawa ke lantai 3, persis di samping stasiun monorail Sentosa dan dekat tempat makan bernama Food Republic di stasiun monorail tersebut
 Jika  dari mall harbourfront, maka cara paling efisien menuju stasiun monorail untuk ke Sentosa dan universal studio adalah dengan cara pergi ke belakang mall harbourfront, lalu naik ke lantai 3 sampai ketemu beberapa konter tiket feri, tapi terus ke kiri ke arah luar menuju rooftop (atap terbuka) lantai paling atas dari mall Vivoo city, dan ikuti jalan koridor pelindung panas yang ada yang akan membawa anda sampai ke stasiun monorail menuju sentosa dan universal studio.

Setelah berada di Sentosa Station, tempat naik monorail Sentosa Express, bagi yang punya kartu ezlink standar bisa memanfaatkannya langsung untuk masuk ke gerbang monorail. Bagi yang memegang kartu STP (Singapore Tourist Pass), maka  tak bisa menggunakannya. Jika  tak punya kartu ezlink standar, harus membeli tiket khususnya di mesin tiket yang tersedia di stasiun seharga 4 dolar per orangnya. Ada petunjuk cara membeli tiket di mesin tersebut atau minta bantuan petugas di sana untuk membeli tiket di mesin.

Aku sering banget minta tolong petugas dan juga sering banget tanya orang kalau nggak tahu sesuatu atau butuh bantuan baik di stasiun MRT maupun tempat-tempat lainnya. Yach, daripada kesasar atau salah-salah, ya kan? 

 Setelah membeli tiket di mesin, atau jika  sudah punya kartu ezlink standar maka bisa langsung menuju gerbang tempat masuk untuk menaiki monorail (yang ada tulisan Sentosa Station) dengan cara menempelkan kartu tiket masuk monorail atau ezlink sebagaimana ketika  masuk stasiun MRT atau naik bus umum

Lalu  naik ke dalam monorail untuk turun di stasiun yang diinginkan. Rute dari monorail tersebut jika  naik dari stasiun di Vivoo City yang bernama Sentosa Station, rute dari monorail ini selanjutnya adalah Waterfront Station, lalu setelah berhenti di Waterfront Station ia akan berhenti di Imbiah Station, lalu terakhir di Beach Station, lalu nanti kembali lagi ke Imbiah Station, Waterfront, dan balik lagi ke Sentosa Station di Vivoo City.


Jika  berniat menuju Universal Studio maka  harus turun di stasiun Waterfront. Jika  hendak turun di merlion tower (patung singa raksasa) dan kawasan permainan sentosa yang menantang maka  turun di imbiah station. Jika  hendak menuju pantai Sentosa  harus turun di Beach Station.
 Jika sudah berada di dalam pulau Sentosa, misalnya ketika selesai bermain di universal studio lalu berniat untuk pulang dengan naik monorail ke Vivoo City, atau barangkali  hendak menuju bagian lain dari pulau Sentosa seperti pantainya, maka bisa menuju stasiun monorail tanpa perlu membayar atau membeli tiket lagi. Alias gratis tis..hehe..asyik kan. Kalau punya waktu banyak, beberapa kali naik monorail bisa ambil foto dari atas dengan berbagai sudut pandang bisa juga sih. Hatapi kan masalahnya waktu yang ada sangat mepet dan terbatas.


Dari atas monorail ini, pemandangan kawasan Sentosa Island berikut bangunan-bangunannya yang nyleneh bisa kita nikmati dengan leluasa. Pemandangan selat singapura, laut dengan kapal-kapal serta cruise yang mewah juga bisa tampak jelas. Buat yang jago fotografi, bisa banget dapat banyak jepretan bagus dengan angle menarik.



Beberapa bangunan yang dilewati dan bisa disaksikan dari dalam monorail, tampak menggunakan desain arsitektur lengkung ala-ala almarhumah Zaha Hadid. So provoking! Beautiful!


Ada tiga pemberhentian atau stasiun monorail di Sentosa island, yaitu :
Resort world (Universal Studio, Marine Life park, Maritim Xperintial Museum, Festive walk, beberapa hotel ; Hard Rock, Crockford Tower, Michael, Festive, Equarius dan Spa Villas)

Imbiah station (Butterfly park & Insect kongdom, Cable car, Images of Singapore, Merlion Walk, Nature Walk, Sentosa 4D Magix, Sentosa Cineblast, Desperados, Sentosa Luge & Skyride, Sentosa Nature Discovery, The Merlion dan Tiger Sky tower.

Beach Station (tepi pantai siloso beach, Palawan Beach, Tanjong beach, atau ke arah Siloso Point).

0 komentar:

Posting Komentar