Rabu, 02 November 2016

Writravellicious Goes To Changi Airport Singapore

Writravellicious Goes To Changi Airport Singapore




Serangkaian perjalanan dari Batam ke Singapura selama empat hari ini pun akhirnya usai. Masih banyak destinasi yang belum dikunjungi, tapi waktu sudah habis dan anak-anak di rumah sudah menunggu ya kan? jadi mau tak mau harus balik ke Indonesia.




Siang itu taksi mengantarku ke   Changi Airport Singapura yang konon merupakan bandara terbaik di dunia tahun 2013 versi Skytrax. Penilaian  oleh Skytrax meliputi 39 poin layanan dan produk, termasuk check in, kedatangan, transit, perbelanjaan, keamanan dan imigrasi.  Changi Airport  menyisihkan 395 bandara  lain di seluruh dunia.

Dan pantas banget lah, pas sampai di sana kulihat sendiri bandara ini sangat bersih, nyaman, dan juga tertib. Fasilitas di dalamnya pun sangat lengkap. Ini bandara internasional keempat  yang kukunjungi setelah  dulu pernah ke Soekarno Hatta, airport jeddah, dan kuala namu di Medan.




Begitu tiba di Terminal dua bandara, bisa kita lihat tertibnya parkir dan lalu lintasnya. Tidak ada kemacetan, bunyi klakson. Mobil yang berhenti drop in alias menurunkan penumpang, terus melaju kembali  tanpa harus ditegur oleh petugas bandara.

Bandara juga sangat bersih dan rapi. Dekat tiap-tiap bangku terdapat tempat sampah sehingga  memudahkan siapapun yang mau membuang sampah. Selain juga ada aturan denda bagi yang ketahuan buang sampah sembarangan.

Papan penunjuk Gate terpampang dengan informasi  jelas. Dilengkapi catatan waktu berapa lama berjalan kaki menuju ke sana, berapa menit kira-kira sampai tujuan tertentu. 






Jalur mengantre untuk chek in juga rapi dan tertib. Semua petugasnya tampak sigap dan  cepat melayani check in para penumpang. Ada petugas yang mengarahkan dan mengatur jika terlihat antrian penumpang menumpuk. So kita merasa nyaman dan tidak takut diserobot.






Setelah melewati meja check in, aku bergegas mencari ruang tunggu yang tadi diberitahukan petugas. Melewati  banyak fasilitas yang ada di airport ini. Gerai-gerai pertokoan yang menjual berbagai barang dan juga makanan. Ada banyak  gerai makanan seperti McDonalds, Dunkin Dounts, Burger King, serta restoran seperti Crystal Jade, Macau Express, Soup Restaurant dan masih banyak lagi.

Juga  banyak outlet oleh-oleh atau barang-barang merk terkenal.A da Gucci, Hugo Boss, Hermes, Giordano, Charles & Keith, Burberry dan masih banyak lagi. Konon total ada 330 toko pakaian dan 120 restoran dan kafe di bandara ini.


 Jarak yang jauh antar ruang tunggu tidak jadi masalah. Karena kita bisa memanfaatkan travelator alias eskalator datar. Jadi tinggal berdiri atau berjalan santai, tahu-tahu sudah sampai ujung. Oh ya, travelator ini juga ada di stasiun MRT Singapura.

Begitu sampai ruang tunggu sesuai yang tertera di tiket, aku langsung lega. Masih ada waktu untuk sholat dhuhur jamak dengan ashar. Maka sambil sedikit berlari, aku mencari mushola. Alhamdulillah usai sholat dan balik lagi ke ruang tunggu, masih banyak waktu sampai jadual penerbangan nanti.

Sambil menunggu, aku memanfaatkan koneksi WiFi gratis yang ada.  Di tiga terminal bandara Changi ini siapapun bisa mengakses layanan internet gratis super cepat. Bahkan, konon di setiap terminalnya ada Internet Access dengan puluhan komputer dengan layanan internet yang bisa dipakai.






Konon butuh minimal 2-3 jam untuk mengunjungi semua tempat di bandara Changi. Buat yang punya banyak duit,  belanja bisa jadi cara mudah untuk mengusir rasa bosan. Ada banyak toko merk-merk terkenal yang dijual tanpa dikenai pajak. Jadi tidak perlu resah jika harus transit berjam-jam di Changi

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan ketika transit di bandara Changi:
Penitipan Tas di Changi
Sebelum berkeliling bandara titipkan tas  biar tidak capek menenteng tas ke mana-mana. Di setiap terminal ada fasilitas loker penitipan tas.

Tour Keliling Singapura
Bila harus transit sekitar 5-12 jam,  coba tour gratis yang disediakan oleh manajemen bandara. Tour ini berlaku buat penumpang yang transit atau transfer minimum lima jam. Lumayan kan kalau dapat menikmati beberapa tujuan wisata yang ditawarkan.
Taman di Bandara Changi
Kalau transit cuma beberapa jam, lebih baik keliling bandara saja. Taman-taman yang ada di dalam bandara juga cantik-cantik  dan  sangat terawat.
  • Butterfly Garden. Taman ini adalah taman tempat hidup kupu-kupu tropis yang dibuat di dalam bandara. Letak taman ini di Terminal 3, Departure Transit Lounge, Level 2.
  • Cactus Garden. Taman ini adalah taman untuk sekitar 40 spesies kaktus dari seluruh penjuru dunia. Letak taman ini di Terminal 1, Departure Transit Lounge, Level 3.
  • Fern Garden & Koi Pond. Taman ini adalah taman untuk pohon raksasa purba dari Tasmania, beserta kolam ikan koi di sekitarnya. Letak taman ini di Terminal 2, Departure Transit Lounge, Level 2.
  • Orchid Garden & Koi Pond. Taman untuk beberapa spesies anggrek tropis yang langka, beserta kolam ikan koi di dekatnya. Letak taman ini di Terminal 2, Departure Transit Lounge, Level 2.
  • Sunflower & Light Garden. Taman ini pada siang hari adalah taman untuk bunga matahari, bila malam tiba akan menjadi taman yang ditaburi cahaya-cahaya yang indah. Letak taman ini di Terminal 2, Departure Transit Lounge, Level 3.


Selain taman-taman, ada juga  tempat hiburan yang disediakan untuk pengunjung. Beberapa tempat hiburan itu  antara lain:
  • Movie Theatre. Tempat ini adalah salah satu tempat menunggu yang nyaman,kita dapat menonton film-film terbaru di tempat ini. Bioskop ini terletak didekat Sunflower & Light Garden di Departure Transit Lounge South, Terminal 2, Level 3.
  • Game Station atau Main game di bandara. Di tempat ini kita bisa mencoba permainan game teknologi terbaru dengan menggunakan XBOX atau Sony Playstation 3. Letak tempat bermain ini di Departure Transit Lounge, Level 3 of Terminal 2.
  • The Slide. The slide adalah perosotan panjang yang tingginya sekitar 12 meter. Perosotan ini letaknya di terminal 3, level 1. Untuk main perosotan kita harus  mendaftar di Information Center di terminal 3, level 1.
  • Gym & Swimming Pool. Swimming pool ini ada di dekat Transit Hotel, Level 3. Jarang-jarang kan ada airport yang menyediakan kolam renang.


Taman Bermain Anak di Changi
Pengen juga suatu saat pergi ke Singapura lagi sambil mengajak anak-anak dan mengunjungi taman bermainnya ini.
  • Changi Aviation Gallery. Tempat ini adalah galeri penerbangan yang menceritakan sejarah penerbangan di Singapura. Letak galeri ini di Terminal 2 & 3.
  • Children Play Ground atau Taman bermain anak. Di taman ini disediakan arena bermain anak seperti perosotan dll. Ada beberapa tempat bermain yang anda kunjungi yaitu: Terminal 1 Departure Transit Lounge West Level 3, Terminal 2 disebelah Family Zone Departure Transit Lounge North Level 2, Terminal 3, di sebelah SATS Special Service Lounge at Departure Transit Lounge Central Level 2.
Di Changi juga disediakan tempat-tempat untuk beristirahat.. Kalau mau yang berbayar, ada Transit Hotel sehingga bisa tidur dengan nyaman. Asal tidak sampai ketinggalan pesawat saja ya. Hehe. Tapi  disediakan  juga tempat tidur gratis. Changi juga menyediakan kursi pijat gratis. Beberapa kursi pijat di dalam bandara membuat penumpang lebih nyaman. Kursi pijat listrik ini dapat membuat kaki hingga pundak menjadi rileks. Hanya saja  harus sabar mengantre dengan penumpang lain. Namanya juga gratis.

Sayangnya banyak fasilitas dan pojok-pojok asyik Bandara Changi ini yang belum sempat kukunjungi karena sempitnya waktu. Semoga lain kali bisa ke sana lagi. Aamiin. 

0 komentar:

Posting Komentar