Coding Mum Conference
pak Triawan Munaf Bekraf dan Coding Mum berpose bareng setelah sesi talkshow coding mum di Festival Bekraf Surabaya


Senang banget karena sebagai hybridwriterpreneur dan writravelicious, aku berkesempatan meningkatkan kapasitas diri sebagai seorang enterpreneur untuk datang ke Surabaya menghadiri undangan coding mum conference dari Bekraf aka Badan Ekonomi Kreatif nya pak Triawan Munaf, sekaligus traveling jalan-jalan kelilingan Surabaya. Yeay!


Naik pesawat Garuda dari bandara baru Ahmad Yani Semarang siang itu, aku pun sampai di Bandara Juanda Surabaya hanya dalam waktu satu jam.

Dari Bandara aku lanjut jalan ke sebuah pesantren yang ada di kompleks kampungnya santri - bayangkan ada 33 pesantren dalam kompleks besar itu- dan alhamdulillah berkesempatan sharing di sana.

Ceritanya sambil menyelam minum air gitu.





Paginya, barulah kaki melangkah ke hotel Tunjungan Plaza di pusat kota Surabaya, yang puluhan tahun pernah aku kunjungi juga dalam kapasitasku sebagai mahasiswi arsitektur Undip yang sedang KKL alias Kuliah Kerja Lapangan.
Sesi perkenalan tentu saja menjadi agenda pertamanya. Kami yang datang dari seluruh pelosok Indonesia menjadi perwakilan alumni Coding Mum yang acara workshopnya selama dua minggu sudah dilaksanakan tahun kemarin.

Lengkap dari Aceh sampai Papua ada, dan masing-masing menjadi ambassador coding mum bagi daerahnya. Kami sharing tentang profil dan kegiatan kami serta apa saja capaian yang kami raih setelah workshop coding mum April tahun sebelumnya.

Alhamdulillah aku sudah mengerjakan beberapa web site pesanan klien, dan mendapat fee, berkisar dari satu juta-an sampai tiga juta-an. Alhamdulillah.

Sekarang masih in progress menyiapkan start up yang merupakan kelanjutan dan pengembangan dari konsep yang pernah kami pitching-kan ke dewan juri aka Bekraf tahun sebelumnya.


Dalam tiga hari Coding Mum Conference itu kami mendapatkan workshop yang sangat bermanfaat banget. Yang pertama tentang Design Sprint oleh Pak Adi Tjipta dan tim-nya. Yang kedua, materi SEO dari pak Budiono yang baru saja datang dari Google Amerika Serikat.

Usai workshop yang dimaksudkan sebagai landasan aktifitas kami berikutnya, segeralah kami dikaryakan untuk mengerjakan Design Sprint Coding Mum demi mendapatkan program dan kurikulum apa saja yang dibutuhkan untuk tahun-tahun mendatang.



FGD aka Forum Group Discussion berlangsung selama tiga hari itu dengan sangat seru. Maklumlah emak-emak antusias digital ini kayaknya memang energizer bangets. Hahaha...






Kami dikelompokkan menjadi tiga grup besar.
  1. Programming, yang akhirnya menjadi kelompok Penelitian dan Pengembangan (R&D)
  2. Pengajaran, yang akhirnya menjadi kelompok Edukasi
  3. Blogger, yang akhirnya menjadi kelompok Kreatif
Aku masuk menjadi tim Research and Development. 


Lalu setelah hari-hari yang melelahkan itu, kami pun diboyong untuk ikut menikmati Malam pembukaan Festival Bekraf yang berlangsung di Grand Convex Surabaya.




Seru banget, karena puncak perayaannya dimeriahkan oleh band kesukaan emak-emak. Hahaha.
Andra and the Backbone.




Paginya kami datang lagi ke arena festival Bekraf untuk talk show Coding Mum.






Bekraf dan Coding Mum berpose bareng setelah sesi talkshow coding mum di Festival Bekraf Surabaya

Teman-teman yang ada di semarang dan sekitarnya bisa follow twitter @MumCoding untuk bisa update kegiatan dan kelas-kelas berikutnya. Atau kirimkan email ke codingmumsmg@gmail.com jika ingin mengadakan pelatihan yang mengundang narsum dari Coding Mum ya.