Selasa, 06 Februari 2018

Implementasi Konsensus Kebangsaan Dalam Rangka Menyukseskan Pilkada Serentak 2018


Implementasi Konsensus Kebangsaan Dalam Rangka Menyukseskan Pilkada Serentak 2018






Politik terlalu penting bila hanya diurus oleh para politikus - Demikian Anita Roddick pernah menuliskannya dalam buku Business Unusual.

Pagi ini saat aku mengikuti event di Hotel Amantis, Peningkatan pemahaman pilar kebangsaan bareng Badan Kesbang dan politik Provinsi Jawa Tengah, semuanya menjadi lebih jelas. Dengan tema  
Implementasi Konsensus Kebangsaan Dalam Rangka Menyukseskan Pilkada Serentak 2018, Kebangpolinmas mengajak kita untuk Bersama Membangun Bangsa Bersatu Membela Negara.


Agenda -revitalisasi pemahaman pilar kebangsaan -Pedoman pendidikan wawasan kebangsaan -Program kesbangpolinmas

Konsensus kebangsaan diambil bersama o/pendiri bgs. Kini kita perlu menghidupkan kembali agar tdk tertarik pd ideologi lain. Tp tetap hrs tertumpu pd nilai demokrasi, krn pancasila tdk dogmatis. Agama mesti dijunjung tinggi, masy hrs religius. Hrs melayani kptgn bgs

2018 tahun demokrasi. Jateng adem ayem, alhamdulillah. Realita pesta demokrasi pd pemilu Marak politik uang, tjd kampanye hitam, aksi dukung berlebihan, tjd konflik bentrok massa, ujaran kebencian, hoax. Insya Allah 27 juni rabu pahing pilgub

7 kab di Jateng juga ada pemilihan bupati/walikota. Forkompilda: Komitmen bersama sdh dilakukan di tingkat provinsi. Menyusul komitmen tingkat kabupaten, dst. Komitmen siap menang, siap kalah.

Byk bupati gubernur tertangkap OTT krn buat bayar hutang, sebab biaya politiknya terlalu tinggi. Maka kita libatkan generasi muda, ulama, tokoh masyarakat, agar politik uang berkurang. PNS hrs netral. Kepolisian, bawaslu membuat tim cyber, awasi medsos dst

Watch out. Kampanye hitam, perang suku, ras, agama, saling menjelekkan. Perang urat syaraf, sesama teman saling menyerang. Demokrasi Indonesia, kita butuh yg beretika n berkonsensus kebangsaan.




Pancasila sbg etika demokrasi. Dilaksanakan dg nilai2 yg terkandung dlm kerakyatan dst. UUD 45 sbg etika demokrasi. akan sukses jk ada partisipasi semua, masy, parpol, dst, bukan hy pemerintah. Tapi kesadaran masyarakat masih kurang.

Melalui tokoh masyarakat yg diundang di sini, diharapkan utk menularkan pd masyarakat agar ikut menyukseskan Shg angka partisipasi masyarakat akan meningkat.





Demokrasi Indonesia sdhkah sesuai dg sila 4? Yg sdh sesuai itu yg di desa, keputusan berdasarkan musyawarah mufakat, menghormati pinisepuh dst. Meski skrg mulai bergeser ke voting dan pokoke. Bhkn jotos2an, lempar kursi dll. Terpengaruh tayangan TV, kejadian LN dst


Sosialisasi oleh KPU, panwaslu via medsos, tv, baliho. Evaluasi: berbagai jurus dilakukan kok partisipasi cuma 33%. Tp trus berupaya. Dulu org2 tua yg diundang, skrg org2 muda, siapa tahu partisipasi lbh meningkat dan politik uang bisa berkurang.

Kita butuh figur. Klo parpol menyiapkan figur bagus, tentu baik. Tapi yg diajukan justru dr luar parpol. Pdhl parpol diberi tiket, tapi tdk py calon. Malah org lain yg py uang, yg dipaksa2 dicalonkan. Kyk lingkaran setan


Utk bayar saksi @ 150rb saja butuh milyaran. Belum tasyakuran, bayar dukun dst. Inilah knapa money politic trus subur. Perlu kolaborasi antara parpol & masyarakat. Parpol juga dpt bantuan pemerintah utk pendidikan politik utk kadernya.


Prof Wasino,M.Hum fisip unnes: implementasi nilai2 kebangsaan pasca generasi milenial, gen z. Pertanyaan pertama: Apa beda negara/state dan bangsa/nation?



Lebih dulu bangsa indonesian sebelum negara indonesia. Sblmnya ada negara demak, sriwijaya, majapahit dll. Negara Indonesia berdiri 17/8/1945. Sblmnya, ada negara hindia belanda, dr sabang sampai merauke. Scr geografi, hy pengalihan dr hindia ke Indonesia

Waktu ke beijing, ada tukang pijat.tanya dari mana? / Indonesia / Oh Soekarno. Sementara di indonesian sendiri, anak2 skrg jarang yg kenal Soekarno. Ironis.



kesetiaan pertama orang biasanya pd tempat lahir kita. Yg disebut sbg patriotisme.Dr kata patria, father. Akar dari nasionalisme.
Awal abad 20, kecintaan pd suku bergeser. Krn mengalami nasib sama stlh penjajahan, kesetiaan jd di atas suku. JR Logan, Adolph Bastian


Hatta dari suku Minang, tak lagi cinta Minang tapi Hindia. Indonesia adl cetakan yg diciptakan bersama oleh hatta dkk. Ingin melawan penjajah belanda dg nama yg sama, pemikiran bersama. Shg muncul kesepakatan. Kesepakatan itu berproses. Sumpah Pemuda.


Sumpah pemuda itu sbnrnya sumpahnya anak2 kost. Jengkel ama penjajah. Lalu memunculkan sumpah pemuda. Tapi saat indonesia dlm ancaman, soekarno mengangkatnya. Utk ngece org2 tua yg mau membubrahkan indonesia waktu itu. Bertanah air, berbangsa, berbahasa Indonesia.



Org papua tdk pernah bertemu org jawa, tp punya imajinasi kita sama, indonesia. Implementasinya: Kalau ada pertandingan bulutangkis, begitu indonesia menang semua sorak sorai. Krn ada di hati, bhw verawati fajrin itu wakil bangsa kita.







Presiden justru menawarkan mahasiswa UI yg kasih kartu kuning utk ikut berkunjung ke Asmat. Persoalan yg mrpkn side effect dr otonomi daerah. Uangnya sdh digulirkan kabupaten. Dulu sentralisasi,shg pusat bisa lgs menangani hal2 di daerah,termasuk penempatan dokter2

Skrg, ini dokter kabupaten ini, dokter parpol ini dst. Untung polisi tdk begitu, kalau kejar maling, sampai ke batas kota, polisi demak gak bisa kejar krn sdh jd urusan polisi semarang 😅 Kita butuh musuh bersama, agar bisa bersatu. Perlu tafsir kembali ttg nasionalisme

Poleksosbudhankam. Skrg yg dominan, ekonomi. Barang apa yg jd kebanggaan kita, pilih sepatu bandung atau itali? Prof edi swasono, mantu pak hatta: tdk mau dtg ke mc d, kfc. Konsisten. Kalau mau nasionalisme, produk2 dlm negeri hrs dihargai. Persoalan MINDSET

India, korea, china itu dibangun atas itu. MINDSET. Org2 korea yg pernah ditindas jepang, disuruh menuliskannya, dibiayai presiden. Shg tdk mau pakai produk jepang, diikuti dg membuat produk2 nasional sendiri. Pesawat Habibie kualitasnya bagus, tapi tdk dihargai.

Produk2 pesawat indonesia ternyata laku. Hbgn antar kepulauan, mestinya pakai pesawat indonesia sendiri. Reformasi china, kapitalisme diadopsi negara, oppo, vivo. Menggeser korea. Persaingan global luar biasa. Yuk ubah MINDSET!
Justru pekerja kasar di belanda upahnya lbh tinggi. Sistem pengupahan kita hrs diubah. Tukang tambal ban 20 euro. Nasionalisme spt iman. Naik turun. Kdg tebal, tipis. Perlu selalu disegarkan, agar mengakar kuat

Pengaruh global: gempuran narkoba, terorisme yg dibungkus keagamaan, fundamentalisme. Perang di afghan itu dibuat, ajang utk jual senjata. Di korea bahan mesiu dr jerman. Indonesia dg posisi silang,jd pasar. Komunisme sdh tdk laku. Shg paham kanan kiri, separatism


Isu ketidakadilan dipakai oleh kekuatan asing utk membenturkan antar kita. Watch out!

KUHAP peninggalan belanda belum selesai direvisi, maling ayam dipenjara bbrp tahun. Cerita2 sukses org dulu bs dipakai utk menginspirasi. Org demak kalau tdk hebat malu dong ama sultan fatah, malu dong klo mandi di pinggir sungai. Berpikir reflektif,berkaca

Cerita2 walisongo utk pendidikan karakter, sedang ditulis nih. Agama mjd rantai pengikat integrasi yg cukup efektif. Jaringan antar etnik dg bahasa.

Sosmed hrs dipakai utk menyebarkan gagasan kebangsaan, to be Indonesia. Jgn malah sebaliknya. Share info2 yg mendorong kebanggaan pd indonesia. Ex:Di Demak ada sesuatu yg membanggakan, muat terus menerus.

Islah kebudayaan antara kepala daerah jawa barat dg hamengkubuwono krn dulu ada dendam sejarah. Di jabar tdk ada nama jalan Gajahmada dan Majapahit, krn dulu dyah pitaloka diantar utk hayamwuruk tp malah dipisahkan Gajahmada, bhkn digempur. Sentimen etnik msh kuat

Msh ada tugas berat bgm mengubah mindset agar sentimen etnik jd nasionalisme. Sentimen etnik dijual mendekati pilkada Org2 terdidik,PT,Ki Hajar,Soekarno. Nasionalisme yg menggerakkan pertama kali adl Stovia, sekolah dokter. Krn waktu itu kelompok sosial yg marginal

Osvia, sekolah amtenar, pejabat, bisa memerintah dokter. Nasionalism muncul dr org2 yg terdesak, terpinggirkan. (dokter2 saat itu) Kalau mau sukses, ciptakan kondisi terpinggirkan. Krn kalau mapan, jd manja, tdk terdorong mandiri.

Ciptakan suasana2 kepepet. Kalau anak2 mau sesuatu, suruh nabung dulu. Kalau kurang, baru ditambahi. Dlm situasi teralienasi, timbul semangat keindonesiaan. Jaringan indonesia juga dibangun oleh tentara. Menggerakkan rakyat dst. Mrk yg skrg msh kuat nasionalism




Gen Z:penghasilan besar tapi habis utk gaya hidup. Pekerjaannya yg berkaitan dg internet. Kurang gerak, kurang dekat dg alam. Perlu komunikasi keindonesiaan pd mrk, ex jual singkong rebus tp dikemas dg gaya mrk.

Animasi indonesia, battle of Surabaya dijual ke tv indonesia, gak ada yg beli. Akhirnya malah dibeli oleh hollywood. Skrg tdk bisa dibeli oleh umum, bahkan nggak ada bajakannya. Krn kalau dilihat, bisa membakar nasionalisme.

Animasi syifa, india. Nilai2 yg dimasukkan dr india. Anak2 kita byk yg pinter juga. Tp PH indonesia tak ada yg mau support. Perlu pendekatan politik, yuk tagih janji2 kepala daerah, presiden utk mensupport karya anak negeri yg bangkitkn nasionalisme

Kegairahan bersama utk bangkitkan nasionalisme. Bendera malah dianggap syirik, bid'ah. Pdhl bendera itu simbol, merah itu apa, putih itu apa. Yamin dulu pakai bubur abang putih. Itu dianggap syirik juga. Bendera jatuh hrs ditegakkan. Maknanya utk indonesia Berani krn benar.

Kita tdk mungkin terlepas dr negara lain. Walisongo itu dr india. Tapi dg globalisasi, indonesia nya mjd kuat. China pun tak bisa lepas dr globalisasi. Kita manfaatkan globalisasi utk bikin indonesia lebih maju.

Byk yg jd jagoan di kampus, tapi jd sandera di masyarakat. Yg peduli masy, justru lulusan SMP SMA. Jadikan diri mjd cahaya di masyarakat. Cintai desa, daerahnya dg berkontribusi. Altruisme, rela berkorban dan bahagia dg kesuksesan org2 lain, org2 byk.

Soekarno itu altruis, krn melepaskan kesempatannya mjd arsitek, utk mjd arsitek Indonesia. Dukungan anak2 muda dibutuhkan utk memgembangkan pedesaan. Gerakan2 terorism itu muncul dr anak2 desa yg pergi ke kota. Kalau desa nyaman, pasti tak akan begitu kejadiannya

Anak2 muda bisa jd pelopor, penggerak, perintis. Misal: Kebun belimbing yg tdk luas, bisa dikunjungi byk wisatawan, kalau dikampanyekan via sosmed dll. Ajak lbh banyak pihak utk ikut support.

Ojo dumeh, adagium org jawa. Tertib, urut. Indonesia juga melalui tahapan urut sistematis. Sejarah budi utomo 1908. Kekuatan disusun scr normatif. Waktu masih kecil, bareng2. Pas sdh gedhe,keroyokan. Merasa plg pinter Lagu e tamune teko,e gelarno kloso dst, urut.


Semua hrs dimaknai utuh. Sbtlnya yg plg berperan dlm membentuk bgs adl pemuda. Budi utomo, konsensus 1908. Semangat mendirikan negara bangsa, bukan negara agama. Indonesia jika disejajarkan dg konstitusi madinah, substansinya sama.
Di madinah ada yahudi, nasrani, islam. Ada byk suku juga. Sama dg di indonesia. Yg bagus itu yg sama atau yg beda?


Sunnatullah, the law of nature,beda. Krn dg keunikan, akan mudah dikenali. Era gerakan kebangkitan Nasional. Stlh budi utomo, ada stovia, sekolah anak priyayi.

Negara islam itu adl negara yg kebanyakan warganya islam, dan tdk ada halangan utk menjalankan syariatnya. Indonesia berarti sdh negara islam. Zakat bahkan sdh masuk hukum positif ke UU nasional.

Muhammadiyah bikin sekolah & rumah sakit di kota. NU bikin pesantren2 di desa. Beda, supaya saling melengkapi, kaplingnya sendiri2.







Tahapan gerakan kesadaran berbangsa, dilanjut tahapan pra proklamasi, pasca proklamasi, reformasi. Org yg sering baca novel dan puisi, pasti tdk mudah menyalahkan org. Para diplomat juga sgt memperhatikan bahasanya. Bahasa diplomatis.




Gus Dur yg paling diplomatis, krn gak byk yg paham kata2nya. Beliau juga ahli qoidah fiqhiyah. Konon, beliau sholatnya dirapel. Krn tahu dasarnya.




Berpikir salah dpt pahala 1. Berpikir benar dpt pahala 2. Berlaku ngawur, masuk neraka. Sabar itu tdk diam. Aljuhdu, kerja keras itu sabar. Kalau takut miskin, cepatlah nikah nanti cepat kaya.




10 pemuda kahfi tidur 10 thn saja ditunggui anjing. Pemuda hadir dlm konsolidasi kebangsaan, shg muncul berprestasi di kancah internasional. Konsensusnya adalah negara bangsa.


3 kyai yg menghapus 7 kata dlm pancasila awal. KH Muzakir, Hasyim Asy'ari. Tokoh NU dan muhammadiyah. (dengan kewajiban menjalankan syariat bagi pemeluk islam)



Trisakti: berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi, berkepribadian kebangsaan indonesia. Gotong royong, tepo sliro, mufakat, lembah manah. 9 naga itu yg pegang china, robert budi hartono djarum yg nanam trembesi, nyedot polutan. Masuk surga, nggak?


Hubungan suis itu pahalanya sosial. Donya kuwi ramai, akeh war karena kurang kelon. Tahajud itu sunnah, kelon itu wajib.
Indonesia dijadikan negara bangsa saja, dinamikanya masih tinggi. Apalagi jika bukan negara bangsa.

Kenapa perlu pancasila?








Pancasila mustinya tetap masuk dlm kurikulum pendidikan. Pengejawantahan mau tak mau lewat upacara, pembina upacara baca pancasila, diikuti. Yg penting, hafal. Pelaksanaannya nanti. Dasar itu perlu. Kalau tafsir, bisa multi tafsir.




Joko purnomo, ketua KPU Jateng: Urgensi konsensus dasar kebangsaan dlm rangka meningkatkan partisipasi pemilih




Indonesia didesain mjd negara modern. Oktober 1945 lahir KNPI, 3 bulan berikutnya muncul maklumat utk dibentuk partai2.Soekarno bereksperimen mengubah sistem presidensil jd parlementer. Tapi skrg kita kerdilkan sendiri. Pdhl sejak berdiri, tata kelolanya sdh modern. Demokrasi




Mekanisme demokrasi hrs disempurnakan. Krm keragaman indonesian yg luar biasa, dlm menyusun sistem tdk bisa dg cara jawa saja. Kalau kita terlibat aktif, apa manfaatnya bagi daerah kita? Diniatkan utk sekaligus membangun infra supra struktur, shg lbh baik.





Partisipasi bukan hy pada hari H pilhan. Tapi selama 5 thn itu. Kalau bisa dirembug, ya dirembug. Perhatikan outputnya. Target jelas. Outcome nya spt apa. Pilkada lgs, shg masy dpt akses seluas2nya. Memperkuat sistem administrasi, tata kelola pemerintahan

Kebijakan fiskal bupati gubernur, kewenangan memanfaatkan APBD. Apakah benar menjamin pendidikan, kesehatan masy? Pajak terbesar ada di pasar tradisional, tapi kita lbh suka ke mall dan mart.

Modal sosial kita tdk boleh sampai rusak hanya krn pilkada. Gotong royong, rukun, sopan santun, dst. Pilgub Jateng, becik tur nyenengke.


**


Untuk  kerjasama  review, liputan, event, narsum dll
For reservation,  review and any other collaboration
please do not hesitate to contact at 085701591957 (sms/wa)
Line: diannafi57




2 komentar:

  1. Ngeri ya ma biaya politik yg nilainya wow banget. Saya pernah baca buku "berpolitik dg biaya murah" karya Ruslan Ismail Mage. Jika saja tokoh politik itu bisa seperyi yang digambarkan pada buku itu, mungkin para pemangku jabatan politik akan terbebas dari utang politiknya ya? Wallahualam

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, jadi tertarik baca buku Ruslan itu

      Hapus