Senin, 25 Desember 2017

Apa yang DN pelajari sepanjang 2017

Apa yang DN pelajari sepanjang 2017


Iseng-iseng hari ini aku mengkompilasi cuitanku sepanjang 2017 yang bertagar #TodayLesson dan #LessonToday nih. Cekidot ya...


Pelajaran di kelas wa grup muslimah poligamers hari ini adlh penting utk rukun antara kamad dan demad, tapi jgn terlalu akrab juga. Yg biasa2 atau wajar2 aja.

Doa adalah saksi kebutuhan kita padaNya

bukan tdk mungkin dlm satu lingkaran pun akhirnya ada lingkaran2 kecil tercipta berdasar kesesuaian frekuensi msg2 elemennya, namun itu tak mengurangi kenyataan bahwa cinta itu msh ada, bhw cinta itu nyata. shg smua mjd msh berarti utk dilibati. 

saat kuputar kembali ke masa persis sebelumnya, bbrp menit sblmya, bs kulihat bhw cinta itu masih ada. ternyata bukan krn lingkarannya,tp krn cinta itu nyata hadir ketika aku sendiri yg membawanya, dg senyum, dg hati yg bening. no matter what happened,love reveal.

Saat pd suatu titik pernah kurasa tak ada lagi cinta di lingkaran yg selama ini paling mjd favoritku, kmrn kutemukan cinta itu lagi. tepat di kanan kiriku dan depanku, 4 orang yg mengembalikan rasa itu. cinta masih ada di situ, di lingkaran itu. 

apakah kebenaran cinta itu berlaku general? ataukah benar di satu tempat namun menjadi tidak perlu diungkapkan hanya karena dianggap tidak menguntungkan di tempat lain?

kadang kita takut jujur krn khawatir apa yg selama ini sdg kita inginkan & perjuangkan mjd lari krn salah persepsi. Pdhl cinta sejati pastilah tetap tinggal apapun yg terjadi, apalagi menghadirkan yg paling murni dari hati. 

Brsn takziah putra daerah yg sdh jd pejabat,pindah2 ke byk tempat.Dimakamkn di kampung hlmn sesuai pesannya. Yg takziah byk bgt


Lebih berat mana, jadi santri atau kyai?


pertanyaan berikutnya adl spt apakah yg baik&tdk baik itu?

sama2 merintis paud th 2006,tmn bdg kmrn ini sama dg tmn sini juga,bgn sd 2010 smp 2015. paud yg kurintis,msh paud aja. merasa ketinggalan gitu rasanya sedih&intropeksi,tp sisi lain hati yg syukur berbisik tak semua org sama rel-nya

yg menarik adlh meski begitu byk jalan Dia pampangkan,tetap saja kemisteriusan hidup trus berlanjut.Mana yg akan kita tempuhi 

Meski punya: n dulu kdg pakai keahlian attract hy utk fun,tp saat skrg punya kesadaran,jd lbh memilih tombol off spy selamat

Meski suatu ilmu pernah bisa sgt kita praktikan dg baik suatu ketika, tetapi jk jarang diasah lagi, ketrampilannya jd berkurang

Semakin tambah hari riyadhoh, semakin byk ujian. Juga pelajaran. Hanya dg ikhlas, mungkin kita bisa naik kelas. 

Meski berada di tempat sama, jk Dia tak menghendaki terjadinya pertemuan, ya itulah yg terjadi. Segala sesuatu pasti ada hikmah


Pelajarannya apa?Banyak banget. 1/jgn remehin pak tua 2/jgn buru2 nolak kebaikan 3/kalau rejeki,pasti balik 4/org jujur msh ada

Terus mendekat padaNya, spy meski tadinya mungkin kita Dia cuekin, lama2 Dia luluh juga & berikan kuncinya.

Yg menyenangkan dr perform bukan sj tambah ilmu milestone & network, tp juga seringkali dpt ide tema baru utk buku berikutnya 


Tadi berkunjung lagi ke tempat printing yg sdh 1th gak ke sana. Ada byk anak baru, anak2 yg agak lama sdh berubah,. mulai berulah. &justru..
.anak2 yg paling senior yg masih lembah manah, rendah hati&full service heartly spt dulu. Entah apakah anak2 yg tanggung itu nantinya juga
akan bertransformasi ke titik itu, di mana mrk tdk hrs cuwawakan utk bisa 'dianggap ada'. Kita lihat bbrp bulan lagi

Kenyataan bahwa kita tidak bisa berada di dua tempat sekaligus itu agak menyedihkan ya.

Tapi mnrt adikku, konsep rejeki itu seringkali tdk selalu spt yg dinalar manusia awam. Balik ke konsep Qur'an, rejeki ada empat 

Pilihan apapun, klo tdk ikhlas jd percuma, klo sombong ntar dijatuhkan, klo mengandalkan pd selainNya, akan diwelehke.

Hidup adl skala prioritas.Apakah dlm waktu yg singkat ini akan memilih hidup enak&terpuaskan nafsu atau jd pejuang &riyadhoh utkNya meski...
ya ada resiko2 masing-masing. Hidup adlh pilihan. Mencari yg ideal,sempurna,dpt semuanya hampir2 tak mungkin. Atau mungkin? 

Cara beliau 'pamitan' pd setiap org mungkin berbeda2.Tp sepanjang hari kmrn sejak pagi, bhkn juga hari sblmnya, tiba2 bygnnya memenuhi benak
Dlm keterbatasn finansial,seorg pejuang bhkn terus memiliki kepedulian utk siapapun.Bekerja utk Allah.Gaji dr Allah.Hidup diwakafkn utk umat
. dilogika tdk bisa, tdk dilogika kok kayaknya ngawur juga. Tapi ya mungkin mmg ada maqom2 utk fighter2 semacam ini. Atau pemahaman ini...
datang krn salah menafsirkan?Bgm sehrsnya sikap pejuang? Atau bgm keseimbangan yg paling bijak dlm hidup perjuangan dakwah?

Sdhkah Tu(h)anku ridlo/rela/puas pdku sebagaimana aku rela/ridlo/puas dgNya &.khdpn yg telah kujalani?rodhiyatan mardhiyyah 

Kepaten obor. Di luar realita bahwa almarhum meninggalkan istri yg masih muda dg 5 anak masih kecil2, org2 merasa khlgn sekaligus prihatin..siapa yg akan meneruskan pesantren dan majlis ta'lim juga kepemimpinan umat & masyarakat. Sulungnya masih 18 th, dan msh di pondok.. tapi yg dulu tjd pd pesantren Bulik di Mgl pun demikian keadaannya. Ya ndilalah bi idznillah putrinya yg msh muda akhirnya bs melanjutkan Regenerasi, mau tak mau adalah PR. Hrs dipersiapkan sedini mungkin. Dan sdh masanya bhw amanah umat mestinya sinergi byk org dlm yayasan dst meski tak memungkiri bhw di kalangan masyarakat tertentu, ketokohan ulama masih memiliki tempat dan bgmnpun masih dibutuhkn


Yang baik itu penuh perjuangan - shensei
 
oh ya,via wa aku juga dpt pljrn tbhn dr keponakan ttg metode pembelajaran & lesson about workshop planning etc. makasih y dik 

jd pas pak bup dtg&melihat yg kupajang,beliau pesan spy aku juga menulis ttg buku2 aplikatif utk perempuan bisa berbisnis dst




 








Selasa, 19 Desember 2017

Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana

 Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana

Dlm memperingati hari ibu ke-89 badan penanggulangan bencana daerah mengundang ibu2 utk diberi Bekal pencegahan dan kesiapsiagaan bencana. Badan nasional penanggulangan bencana baru lahir 2017. Di back up tentara, polisi, relawan,banser, termasuk ibu2 pkk di dapur umumnya

py fgs koordinasi, komando, pelaksana. Kepala BPBD adl setda. ada 3 tugas pencegahan. Kedaruratan saat tjd bencana Rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana Indeksnya ada 3 Kelembagaan Ancaman:banjir,rob,abrasi,dll

Hy anggaran yg tdk dipangkas krn saking pentingnya. Saat ini 3rb rumah roboh sejak gempa sabtu malam lalu. Saat ini rob dan abrasi blm masuk ke BPBD. Sdg diusahakan. Pglmn gunung sinabung, insiden komandernya adl dandimkar.Krn butuh tenaga yg byk,shg grade nya dinaikkan

UU th 24 th 2007 ttg bencana. Kerentanan: perempuan, lansia, anak2. Rob 180cm di sayung. Potensi bencana: banjir, kebakaran, kekeringan, rob abrasi 15 sungai besar di daerah hilir. Batiniah/doa juga mrpkan aksi selain dg tanggul, normalisasi dll 

byk sodaqoh agar diselamatkan dr bencana, fitnah dst. Muara sungai penggaron dan banyu meneng. Pintunya selalu tertutup. Yg ke arah demak, sungai babon, terbuka. Ndilalah, banjir malah menyerang dinarmas meteseh dst. Lagi2 doa mjd bagian dr penanggulangan bencana

Kebakaran 90% sering tjd krn ibu2 yg ketiduran pas masak pakai pawon. Klo beli tabung gas, penthilnya dibuang aja, biar diganti penjual. Kalau tidur, posisi regulator di tengah. Agar kran menutup, dan tdk bs lepas. Atau gas ditaruh di luar. Kalau bocor kena angin, tdk resiko

Dana desa sbnrnya bisa utk penanggulangan bencana. Misal membuat sumur bur utk daerah yg kekeringan. Jgn semuanya utk pembangunan jalan. Kalau air bening itu rob, kalau buthek itu banjir Bumi, hutan, sungai, pantai, negeri ini sbnrnya punya siapa?Kenapa kita merusaknya?





jumlah air akan selalu sama. Maka hrs dijaga kualitasnya. Kalau reklamasi dilakukan, apa guna tanggul laut, tol laut dst. Stop it! Kalau di spore, reklamasi tdk tanggung2,tanggul dibuat 12 km dr titik awal, tp ada kantong2 air diciptakan sekaligus sbg tempat wisata

Kenali ancaman bencana! Ada bukit dipaculi, longsor di Magelang, makan korban 24 org krn tdk aware ancaman bencana pdhl sdh sering diingatkan Hrs tahu kpn menghindari ancaman bencana, ex: hujan angin, banjir,longsor, etc 

Hasil survey di jepang, bgm selamat dr bencana: Kemampuan sendiri 35%, ditolong keluarga 32%, teman, tetangga, warga dll.

Scr historis Demak adl selat muria yg menghubungi pulau muria dan pulau jawa. Dhima' itu rawa. Scr geografis, spt mangkok. Terbentuk lewat proses sedimentasi. Via Bdn Geologi 12 cm penurunan setiap tahun. Semua wajib menanggulangi. Pemerintah, masyarakat, dunia usaha. 

Dulu msg2 jalan2 sendiri, pemerintah, lembaga usaha, masyarakat. Misal:pengusaha milih menyelamatkan gabahnya, pithik2nya dibandingkan nolong org2 yg membthkn Kini dg ada garis komando. Shg dunia usaha tdk bisa menghindar lagi jika diajak utk ikut menanggulangi bencana

Kategori bencana: alam: banjir, kekeringan, angin puting beliung, gelombang pasang, longsor non alam: kegagalan teknologi, ex: lumpur lapindo sosial: bentrokan antar kubu, tawur. Sedimentasi sungai tinggi krn hutan sdh alih fungsi, shg air lgs turun membawa lumpur

Scr politik, gak bisa dipamerkan, shg tdk byk dunia usaha yg mau bantu pencegahan bencana. Ibu2 bs melakukan gerakan pencegahan, dg menanam pohon,gerakkan relawan. Bibit minta ke perhutani. Mmg tdk akan ada ekspose dr media dst, tp ini investasi berguna utk anak cucu

Gerakan membersihkan sampah, bersihkan sungai. Resiko=kerentanan dibagi kapasitas. Kalau kapasitas turun, kerentanan akan luar biasa. Begitu dher bencana, kerugian akan sgt besar. Ex:Dampak 600 ha sawah gagalx 60 jt. Maka 600 orang miskin baru Pdhl klo ditambak,cukup 600ribu

Budaya gotong royong sdh luntur. kerja, malah masyarakat cuma nonton 😁 Hrs digalakkan lagi kearifan lokal, agar tdk nonton aja, ceplek ganthol lodhong. Agar kebakaran tdk nular,hrs diganthol. Kalau nunggu pemadam, keburu habis semua. Hrsnya masyarakat tanggap,cerdas

lahir krn tsunami aceh. Permasalahan: penyelenggaraan PB tdk efektif, tdk ada SOP, sumber daya terbatas, kelembagaan lemah, no planning, koordinasi lemah, paradigma responsif. Maka dibentuk relawan2 yg bantu PB, dibagj kaos, bgn pion2 orange di lapangan

Ada aksi pra bencana, saat bencana dan pasca bencana. 



**
Untuk  kerjasama  review, liputan, event, narsum dll
For reservation,  review and any other collaboration
please do not hesitate to contact at 085701591957 (sms/wa)
Line: diannafi57

Kamis, 14 Desember 2017

4 Tips Untuk Menjernihkan Kehidupan Kita

4 Tips Untuk Menjernihkan Kehidupan Kita

Apakah kamu merasa stress? over-whelmed? capek?
Jika jawabanmu tidak, selamat! Kamu adalah bagian dari kehidupan yang hebat.
Jika jawabanmu iya, bagaimanapun ada kabar baik untukmu.

Seringkali kita tidak menyadari dampak dari apa-apa yang kita lakukan terhadap kehidupan kita. Apakah kita butuh mengambil proyek lain? Apakah kita harus lembur? Apakah kita mau memelihara kucing? Tiba-tiba, tahu-tahu kehidupan kita lepas kontrol.


Bagaimana cara supaya kita bisa kembali ke dalam kehidupan normal kita? Kehidupan yang menyenangkan dan memuaskan?

MUngkin kini saatnya kita detox, membersihkan dan merapikan hal-hal berantakan yang ada di sekitar kehidupan kita. Detox adalah cara sehat yang bisa dilakukan semua orang.

Untuk lebih lengkapnya, teman-teman bisa juga lho membeli dan membaca buku yang kutulis berjudul How To Reset Your Life terbitan Grasindo. Tersedia di toko buku Gramedia dan lainnya, atau langsung ke toko-toko buku online, termasuk Gramedia dot com.






Apa aja sih yang bisa kita bersihkan dan rapikan?

1. Detox Rumah Kita

Rumah adalah refleksi dari diri kita. Dari pakaian, furniture, rak buku bicara banyak tentang diri kita. Melalui hidup, kita mengumpulkan banyak hal yang kita butuhkan dan terkadang akhirnya menjadi hal-hal yang tidak kita gunakan lagi.

Apa yang bisa kita lakukan?
Pikirkan dan pilah mana-mana barang yang  bisa kita sumbangkan.  Kemas dalam kardus lalu bawa ke PMI atau lembaga lainnya atau orang-orang yang membutuhkan.

Buang barang-barang yang sudah menjadi sampah dan tidak bisa didaur ulang.



2. Detox Tubuh Kita

Jika kita merasa lelah, kurang aktif, perhatikan tanda-tandanya bahwa tubuh kita membutuhkan bantuan.

Mungkin kita kelebihan berat badan, mungkin kolesterol tinggi, kurang aktifitas fisik dan olah raga?

Apa yang bisa kita lakukan?
Pertimbangkan untuk diet seimbang, atau detox herbal untuk membersihkan tubuh dari racun-racun yang berbahaya.  Idealnya adalah sarapan, makan siang dan makan malam teratur. Tidur sedikitnya selama enam jam dalam sehari.  Semua ini akan meningkatkan sistem imunitas kita secara alamiah.





3.  Detox Pikiran Kita

Ketika kita membersihkan  pikiran kita dari hal-hal negatif, kita akan merasa lebih baik.
Pikiran-pikiran apakah yang membebani otak kita? Apakah kita membiarkan seseorang atau sesuatu membuat kita khawatir terus menerus?

Saat kita stress dan gelisah tanpa sebab, pikiran kita tak akan mengalir jernih.

Apa yang kita bisa lakukan?
 Buat daftar hal-hal apa saja yang membuat pikiran tidak sehat. Upayakan untuk membingkai ulang hal-hal tersebut dalam kerangka positif. Sebelum tidur, pikirkan hal positif yang terjadi sepanjang hari itu. Dan kurangilah aktifitas sosmed supaya lebih sehat.




4. Detox Kehidupan Sosial Kita

Membersihkan dan merapikan akan membuat kita melepaskan hal-hal buruk, dan menyediakan tempat hal-hal yang baik untuk menggantikannya.

Terkadang dalam kehidupan sosial kita, ada orang-orang yang negatif, selalu tidak bahagia, selalu komplain atas banyak hal.

Memiliki circle yang bagus dalam kehidupan kita sangat baik dan penting. Embrace quality over quantity.

Apa yang bisa kita lakukan?
Refleksi dan perhatikan, siapa saja yang secara kosntan membuatmu merasa depresi atau stress.

Investasikan waktu untuk orang-orang yang berharga bagi perhatian kita yang bernilai.

Coba tebak, ternyata ada orang-orang yang kita bisa lebih cintai dan pedulikan, dan orang-orang  yang lebih mencintai dan memperhatikan kita.

**



Untuk  kerjasama  review, liputan, event, nara sumber dll
For reservation,  review and any other collaboration
please do not hesitate to contact at 085701591957 (sms/wa)
Line: diannafi57
 




Kamis, 07 Desember 2017

KONTRIBUSI ASTRA BAGI INDONESIA



KONTRIBUSI ASTRA  BAGI INDONESIA



Siapa yang tak kenal Astra. Perpaduan kesinambungan kualitas produk berikut beberapa aksi dan kontribusinya bagi masyarakat menjadikannya sebagai salah satu brand yang disegani di negeri ini.
Belakangan ini bahkan PT Astra International Tbk menggulirkan berbagai program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang dirangkum dalam Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia)
Banyak llangkah nyata grup Astra dalam  berperan aktif memberikan kontribusi untuk  meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia. Melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Astra telah menjalankan kegiatan CSR bersama sembilan yayasannya, yang dicanangkan melalui empat pilar utama yakni pendidikan, lingkungan, usaha kecil dan menengah (UKM) serta kesehatan.

Kesembilan yayasan tersebut adalahL
Yayasan Toyota & Astra,
Yayasan Dharma Bhakti Astra,
Yayasan Astra Bina Ilmu,
 Yayasan Astra Honda Motor,
Yayasan Amaliah Astra,
Yayasan Karya Bakti United Tractors,
Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim,
 Yayasan Astra Agro Lestari dan
Yayasan Insan Mulia Pamapersada Nusantara.


Sampai dengan tahun 2014, di bidang pendidikan Astra telah menjalankan CSR dengan menyalurkan 159.245 paket beasiswa, membina 13.262 sekola dan membina 28.199 tenaga pengajar.
Wow, keren ya.
Dari tahun ke tahun tentu saja program ini berjalan terus dan berkesinambungan. Artinya makin banyak anak-anak Indonesia yang menerima beasiswa dari Astra

Di bidang lingkungan hingga  2014, Astra telah menanam sedikitnya 3.333.456 batang pohon dan membudidayakan 805.346 tanaman mangrove.
Jadi kepikiran untuk meminta Astra agar ikut menanam banyak mangrove juga di beberapa daerah Demak yang sering terkena rob. 





Dalam bidang kesehatan, Astra hingga 2014 melalui keberadaan mobil kesehatan Astra (MOKESA) telah melayani sedikitnya 94.296 orang pasien, membina 915 unit Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan mengumpulkan 126.452 kantong darah dalam berbagai rangkaian donor darah.

Pada bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat, tidak kurang dari 8.646 UKM telah mendapatkan pembinaan dari Astra hingga 2014 yang diperkirakan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 57.837 orang.

Berbagai aktivitas sosial yang terpayungi dalam SATU Indonesia ini menjadi perwujudan nyata atas filosofi Catur Dharma Astra, yakni "Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara".

Empat pilar dalam Astra inilah area program Corporate Social Responsibility (CSR).  Yaitu pendidikan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, kesehatan, dan penyelamatan lingkungan.

Dalam menjalankan program CSR masing-masing anak perusahaan menyesuaikan dengan tempat beroperasi. Misalnya (PT Letawa memilih menanam mangrove karena kondisi alam di Mamuju Utara tadinya rusak oleh abrasi laut.
Dalam menanam mangrove tersebut, manajemen PT Letawa memberdayakan masyarakat sekitar kebun. Perusahaan juga menggandeng pemerintah daerah dalam pengadaan bibit mangrove.
PT Letawa, salah satu anak perusahaan Astra Agro Lestari pun akhirnya meraih penghargaan Kalpataru dari pemerintah. Penghargaan ini diberikan berkat peran Letawa dalam melestarikan tumbuhan mangrove di Mamuju Utara, Sulawesi Barat.

Penghargaan lingkungan tersebut sangat membanggakan karena merupakan yang pertama bagi Astra Grup. Perusahaan sendiri telah menanam mangrove sejak 2009.  Total mangrove yang ditanam mencapai 157.000 pohon di lahan seluas 262 hektare (ha) di tiga desa, yaitu Jengeng, Tikee Muara, dan Desa Ako di Kabupaten Mamuju Utara, Sulbar. 



Selain itu Astra juga memberikan penghargaan bagi para pelopor dan inovator di berbagai bidang. Pada tahun lalu para pemenang dibagi ke dalam beberapa kategori.

Zainul Arifin, 27 tahun, dari Lumajang, Jawa Timur. Arifin mendapat apresiasi dalam bidang Pendidikan atas programnya dalam memberdayakan masyarakat desa untuk membangun destinasi wisata. Karena menumbuhkan usaha ekonomi baru dengan keterampilan yang dimiliki masyarakat sekitar.

Ridwan Nojeng, 32 tahun, dari Sulawesi Selatan memperoleh Penghargaan bidang lingkungan. Usaha produksi pupuk organik dari kotoran sapi yang digagas Ridwan telah berhasil melakukan penghijauan di tempat asalnya di Desa Tompobulu, Jeneponto, Sulawesi Selatan. Desa Tompobulu bahkan saat ini telah menjadi Desa Wisata Lembah Hijau Rumbia yang banyak didatangi turis lokal serta mancanegara.


Yoga Andika, 27 tahun, dari Pasuruan, Jawa Timur mendapat Penghargaan bidang kesehatan. “Posyandu Remaja” nya di Desa Tosari, Pasuruan aktif melakukan penyuluhan seputar pernikahan dini, bahaya seks pranikah, hingga efek negatif miras dan nikotin kepada pelajar SMP serta SMA.
Muhammad Aripin, 29 tahun dari Kalimantan Selatan mendapat Penghargaan bidang kewirausahaan.  Karena berhasil mengajak anak jalanan, anak-anak korban narkoba dan putus sekolah untuk ikut dalam Yayasan Rumah Kreatif. Mereka bersama mengolah sampah menjadi barang bernilai ekonomis.

Akhmad Sobirin, 29 tahun, dari Jawa Tengah memperoleh Penghargaan bidang kewirausahaan. Bersama petani di daerahnya memproduksi gula semut setelah mendapat peluang pasar ekspor. Dia ikut mendirikan Koperasi Usaha Bersama (KUBE) untuk mendukung usaha produksi ini. Hasilnya, saat ini 102 petani yang menjadi anggota KUBE semakin sejahtera.

Dewis Akbar, 34 tahun, dari Jawa Barat mendapat Penghargaan bidang teknologi. Lab “Komputer Mini” Raspberry P.i., nya  menjadi wadah bagi anak-anak untuk menggali pengetahuan seputar teknologi. Lab ini pun berhasil melahirkan sebuah karya yang disebut dengan “Saron Simulator”, sebuah alat musik gamelan dari komputer.


Dosen Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Ihsan Rusydi, mendapat Penghargaan pada bidang teknologi. Bersama sepuluh mahasiswanya,  Ihsan mengembangkan teknologi budi daya tiram bermodalkan ban bekas sebagai tempat melekatnya benih tiram. Berkat teknologi ini, petani tiram pun mampu menghasilkan jumlah dan ukuran tiram yang lebih besar.

Masing-masing pemenang berhak mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 55 juta.


Wow banget ya!

Tertarik nggak sih untuk bersama-sama Astra berkontribusi terhadap masyarakat?
Yuk!