Kamis, 20 Juli 2017

Sharing Kepenulisan Bagi 100 Pustakawan Di Salatiga

Sharing Kepenulisan Bagi 100 Pustakawan Di Salatiga



Alhamdulillah tengah minggu ini aku berkesempatan sharing kepenulisan di Perpusda Salatiga. Seminar dan pelatihan menulis ini diperuntukkan bagi seratus pustakawan yang bekerja di berbagai instansi dan sekolah di Salatiga


Pagi-pagi sekali aku berangkat sehingga sebelum mengisi pelatihan, sempat jalan-jalan mengelilingi kawasan Perpusda Salatiga yang rupanya meraih peringkat kedua terbaik setelah Perpusda Wonosobo.


Selain bangunan dan interiornya yang menarik dan nyaman, bagian eksteriornya juga dikelola sedemikian rupa sehingga membuat betah pengunjungnya. Konon sekitar seribu-an pengunjung datang setiap harinya ke perpusda ini.

Dan banyak perpustakaan lain yang datang berkunjung untuk study banding. Perpusda Salatiga menjadi semacam prototype bagi perpusda maupun perpustakaan lainnya.

 
Banyak spot-spot dan sudut-sudut yang asyik banget di lantai duanya. Bisa duduk lesehan sambil membaca dan menulis di situ, dengan view pemandangan alam terbuka yang bisa dinikmati lewat bukaan jendela yang luas dan tinggi.

Whoaaaa, seandainya rumahku dekat perpusda ini, bisa dipastikan tiap hari aku berkunjung dan bisa menulis dengan lancar di spot-spot itu. Bayangkan berapa banyak inspirasi memasuki kepala dengan tempat yang senyaman dan seeksotis ini. Pantesan saja seribu pengunjung datang ke sini.





Meski aku sudah siap di tempat sejak jam setengah delapan, namun pelatihan menulis sendiri baru dimulai jam sembilan. Sembari menunggu itu, pak Kepala Perpus dan ketua Ikatan Pustakawan Indonesia tingkat Jateng menemaniku berbincang tentang kepustakaan, literasi dan geliat Salatiga memenangkan berbagai kompetisi. Salut banget.




 Alhamdulillah seminar dan pelatihan kepenulisan berjalan lancar dan sukses. Atas antusiasme audience, aku juga sempat bagikan beberapa buku sebagai reward.

 Sesi pemaparan materi kemudian dilanjutkan dengan sesi praktik. Semua peserta membuat sebuah karya tulisan dan dipilih dua terbaik untuk dipublikasikan di media milik perpusda Salatiga.

Usai sesi penilaian, dilanjut sesi bengkel naskah hingga akhir waktu acara ini selesai. Senang banget membaca seluruh naskah yang beragam ide dan juga cara penuturannya. Semoga setelah seminar dan pelatihan ini, teman-teman pustakawan makin semangat  dan mengembangkan ketrampilan menulisnya.

Keep and joy writing ya teman-teman!







Nih dia videonya

2 komentar:

  1. wah pastinya bermanfaat ay bagi psutakawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin aamiin. mudah-mudahan. terima kasih ya :)

      Hapus