Cara Gampang Membuat Camilan Enak



Beberapa bulan lalu sejak aku balik dari workshop tiga hari di hotel Novotel Solo, berat badanku langsung naik. Sebelumnya memang sudah agak overweight sih, jadi semakin gemuklah diriku. Nah karena Januari Februari ada undangan kondangan yang mengharuskan aku memakai seragam bridemaid alias pengiring penantin, maka aku mulai menjalankan diet sejak akhir tahun lalu. 


Dus, sejak aku diet sehat dengan mengurangi makan nasi, ibu kadang kebingungan juga karena sisa nasi jadi lumayan banyak. Mau nggak masak nasi kok ya butuh nasi. Masak sedikit kok ya wadahnya besar. Repot deh. Ibu berusaha memanfaatkan sisa nasi yang tidak termakan menjadi berbagai olahan makanan lain. Ada krupuk nasi yang dibuat dengan garam bleng dan lain-lain kreasi. Kalau dulu, semasa si mbak asisten rumah tangga kami masih memiliki ternak bebek dan ayam, nasi-nasi bekas itu dibawanya pulang untuk diberikan pada ternaknya tersebut. Sekarang sudah tidak berternak lagi, jadi palingan sisa nasi dibuat aking. Yang bisa digoreng dengan garam supaya bisa dimakan sebagai cemilan. 


Nah ternyata sisa nasi ini bisa jadi cemilan lezat lho kalau diolah dengan tepung bumbu yang oke banget. Caranya juga gampang banget dan rasanya ternyata enak. jadi tidak harus pergi keluar rumah kulineran ataupun go food an atau grab food an untuk bisa menikmati jajanan yang lagi hits ini. Kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahannya mudah dicari, dan pembuatannya juga gampang. Kalau sukses bikin orang lain ketagihan, malah bisa dibuat sebagai dagangan jajanan. Ahayyy..


Nih dia bahan dan resep pembuatan cireng nasinya. 


Bahan Cireng Nasi Kobe

200 gr nasi putih

100 ml air

1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Putih (75 gr)

10 gr daun bawang

minyak goreng secukupnya


Bahan Bumbu Rujak

1 sendok makan kacang tanah (digoreng)

100 gr gula merah

terasi secukupnya

50 ml air hangat

1 sachet BonCabe level 10, rasa Original

1 sendok makan air asam


Cara membuat Cireng Nasi Kobe:

Aduk 200 gr nasi dengan 100 ml air. Campurkan 1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Putih 75 gr dan 10 gr daun bawang. Aduk hingga tercampur rata.

Panaskan minyak dalam wajan. Setelah panas ambil 1/2 sendok makan adonan, goreng hingga kuning keemasan.

Cireng Nasi Kobesiap disajikan.


Cara membuat Bumbu Rujak:

Haluskan kacang tanah, gula merah, terasi dan air hangat.

Tuang BonCabe level 10. Campurkan dengan air asam dan aduk hingga rata.

Bumbu rujak siap disajikan sebagai cocolan Cireng Nasi Kobe.


Kok pakai tepung bumbu kenapa sih? karena Kobe Tepung Bumbu Putih punya formula baru. Dia hadir dengan konsep tepung bumbu modern dan keunggulan yang unik. Tekstur tepung berbentuk kristal dengan butiran tepung renyah mampu membuat lapisan gorengan menjadi lebih krispi dan lebih tebal. Selain untuk gorengan cocok untuk jajanan kekinian seperti aci telor. Bisa buat aci telur sendiri dirumah dengan mudah. Makanan viral ini menggiurkan dengan sensasi aci yang kenyal dan elastis saat diaduk dan mudah dibuat dengan Kobe Tepung Bumbu Putih yang tanpa pengawet dan tanpa pewarna buatan. Dengan butiran tepung kristal membuat hasil lapisan lebih krispi dan lebih tebal. Tekstur lebih garing dan kerenyahan yang tahan lama. Kobe mengandung tepung tapioka sehingga dapat membuat masakan lebih kenyal dan juicy jika dijadikan sebagai campuran bahan. Gluten free, tanpa pengawet dan tanpa pewarna buatan.

Eh lha kok setelah itu aku baca dan lihat via youtube keterangan para ahli gizi, ahli diet dan ahli kesehatan, kalau nasi dan tepung itu tetap aman kok dikonsumsi oleh mereka yang diet. Bahkan jangan sampai ditinggalkan, agar kita tidak memiliki resisten terhadap jenis makanan tertentu. Hanya saja kadar dan dosis konsumsinya tidak sampai berlebihan. 


Waah, jadi bisa dong ikutan makan cireng nasi ini. Asal tidak kebanyakan makannya ya. Selebihnya dibagi-bagikan ke saudara, teman dan tetangga. Supaya mereka juga bisa ikut merasakan lezatnya cireng nasi kobe.