20 Kiat Pengembangan Diri




Berikut beberapa kiat pengembangan diri yang bisa diambil inspirasinya untuk pertumbuhan diri kita. 


1. Mengembangkan sikap Empati. 
Empati berarti menggabungkan dan memahami berbagai perbedaan perspektif sehingga menghasilkan perspektif kita sendiri. 

2. Percaya diri. 
Penelitian menyajikan bahwa IQ seseorang bukanlah yang terpenting dalam kesuksesan. Sebaliknya tiga faktor inilah yang penting: kepercayaan diri, menetapkan tujuan, dan ketekunan kegigihan. 

3. Mendengarkan secara aktif
Belajar aktif untuk memberikan perhatian dan menunjukkan pada orang lain bahwa kita bersungguh sungguh menghargai opini dan apa yang mereka katakan. Pilih mendengar aktif, bertanya pertanyaan terbuka, dengan gestur yang mendukung, dan menghilangkan seluruh ganguan yang mengurangi kemampuan mendengarkan. 

4. Jadikan ketakutan sebagai temanmu. 
Untuk mengurangi ketakutan, kita harus mengijinkan diri untuk merasa takut. Setelah nyaman dengan ketidakpastian situasi kita akan mulai melaluinha dengan lebih kalem. 

5. Tingkatkan bahasa tubuh
Bahasa tubuhmu adalah komunikasi non verbal termasuk gestur dan gerak tubuh. Riset membuktikan bahwa bahasa tubuh yang tepat daoat membantu kita berhubungan dengan efektif dengan orang lain, menyampaikan pesan lebih efisien. Ketegasan, kepercayaan diri, ketangguhan. Postur tubuh tertentu membantu meningkatkan penampilan kita. 

6. Bersama yang lainnya. 
Kita harus mencari cara untuk menciptakan hubungan baik dengan orang lain. Harus jujur, tidak memanipulasi, belajar terhubung dan bersama-sama. 

7. Damai dengan diri sendiri. 
 Kita harus belajar menghargai, menerima ketrampilan, pengalaman, filosofi, pandangan, aspirasi dan batasan kita. Fokus yang sehat dan membumi ini inspiratif dan karismatik. 

8. Stop menunda-nunda.
 
Menunda sebenarnya bukan karakter tapi kebiasaan. Jadi bisa diperbaiki. 

9. Bangun pagi.
 
Kembangkan kebiasaan untuk bangun pagi. Pepatah kuno yang mengatakan, "Tidur lebih awal dan bangun pagi membuat orang sehat, kaya, dan bijaksana!" telah diciptakan karena berbagai manfaat dari riser awal. Beberapa di antaranya adalah: menonton dan menikmati matahari terbit, melakukan olahraga pagi hari untuk kebugaran Anda, dapat bekerja pada sebuah proyek hanya karena itu penting bagi Anda sebelum hari resmi dimulai, dan sebagainya. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa kenaikan awal lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih produktif daripada rekan-rekan mereka yang terlambat bangun.
Tanamkan kebiasaan proaktif. Beberapa sifat orang proaktif adalah:- Mereka menganggap diri mereka sebagai pencipta kehidupan mereka. - Mereka tidak menganggap diri mereka sebagai korban kondisi eksternal. - Mereka tidak mengizinkan orang lain menentukan nasib mereka. - Kepemilikan tanggung jawab atas hasil yang mereka dapatkan. 
Konflik adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Kuncinya adalah mengembangkan keterampilan penyelesaian konflik. Jika Anda memiliki kemampuan untuk menyelesaikan konflik secara rasional dan menyelesaikan perselisihan secara damai, itu pasti akan membuat lebih sukses dan bahagia.
Salah satu hambatan terbesar untuk pertumbuhan pribadi adalah berpegang pada masa lalu. Agar bahagia dalam arti sebenarnya dari istilah itu, sangat penting untuk berada di masa sekarang. Jadi, Anda harus belajar melepaskan hantu dari masa lalu dan membersihkan kerangka dari lemari
Tidak ada yang lebih kuat dari harta pengetahuan dan cara untuk mendapatkan harta ini adalah membaca sebanyak yang Anda bisa. Penelitian telah membuktikan bahwa memperoleh pengetahuan baru memuaskan dahaga individu akan kompetensi, yang akhirnya membuat mereka lebih bahagia. Anda harus mengembangkan kebiasaan membaca buku yang akan membantu Anda memperoleh keterampilan baru dan juga memoles keterampilan yang ada.

13. Menjadi lebih tangguh. 
Ketahanan adalah kemampuan bawaan untuk mengatasi dan jenis kesulitan. Inilah perbedaan antara merasa tidak berdaya dan menghadapi masalah Anda dengan percaya diri dan berani. Anda harus selalu belajar cara bangkit kembali dari masalah apa pun; itu hanya akan membantu Anda muncul sebagai individu yang lebih kuat.

14. Kelola stres secara efektif. 
Terlalu banyak stres dapat membuat Anda kesulitan. Ini tidak berdampak pada kesehatan fisik Anda tetapi juga kesehatan mental dan emosional Anda. Anda harus tahu cara mengelola stres secara efektif. Ada banyak teknik manajemen stres yang tersedia saat ini. Jadi yang perlu Anda kembangkan adalah kesediaan untuk melawan stres.

15. Abaikan keterbatasan Anda. 
Keyakinan yang membatasi menghambat kemajuan Anda dengan membuat Anda terjebak dalam zona nyaman Anda dan mencegah Anda mencoba hal-hal baru dan menghentikan Anda dari mengambil risiko karena takut gagal atau terluka dalam proses itu. Anda dapat memiliki keyakinan yang membatasi tentang hampir semua hal mulai dari uang, hubungan, kesuksesan, dan daftarnya tidak ada habisnya. Penting untuk mengidentifikasi keyakinan Anda yang membatasi, menaklukkannya, dan mengembalikannya dengan keyakinan positif yang memungkinkan Anda mencapai impian Anda dalam hidup

16. Ceritakan tentang dirimu. 

Jadilah seorang guru dan bagikan waktu, umpan balik, pendapat, pengetahuan, dan keterampilan Anda. Transfer pengetahuan dan keterampilan tidak hanya menguntungkan orang lain tetapi proses itu sendiri memperkuat jalur saraf dari apa yang Anda ketahui membawa Anda lebih dekat ke penguasaan.


17. Tingkatkan tekad Anda. 
Memiliki kekuatan tekad yang kuat akan meningkatkan keuangan Anda, kesehatan Anda, hubungan Anda, kesuksesan profesional Anda, dan semua bidang lain kehidupan Anda. Terlepas dari tujuan yang telah Anda tetapkan untuk diri sendiri, Anda membutuhkan kemauan keras untuk mencapainya.

18. Menjadi lebih penuh perhatian. 
Berusaha keras untuk menjadi lebih penuh perhatian. Ini membantu Anda untuk mengakui kelimpahan dan manfaat yang sudah menjadi bagian dari hidup Anda. Alih-alih menghabiskan waktu memikirkan masa lalu yang Anda tidak tahu bagaimana jadinya, Anda harus belajar hidup di masa sekarang dan menikmati saat-saat itu.

19. Buat keputusan yang lebih baik. 
Kembangkan kebiasaan untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam hidup. Pilihan atau keputusan yang Anda buat menentukan kehidupan yang pada akhirnya akan Anda jalani. Keputusan Anda membagi hidup Anda, jadi semakin penting bahwa semakin baik keputusan yang Anda buat, semakin baik hidup Anda.
20. Kembangkan Mindset/Sikap Mental. 
Sikap Anda menentukan siapa Anda sebagai pribadi dan itu adalah titik identifikasi keadaan pikiran Anda. Anda harus terus-menerus memperbaiki sikap dan berusaha menjadikannya kondusif bagi pertumbuhan. Sikap mental yang positif dapat memindahkan gunung untuk Anda. Ini membantu Anda untuk mencapai apa yang Anda inginkan dari kehidupan

UPCOMING EVENT

Workshop atau kelas webinar Writerpreneurship di Era New Normal 29 Juni 2020