Memilih Cat Tembok yang Sehat untuk Keluarga



Memilih Cat Tembok yang Sehat untuk Keluarga

Warna cat rumah ternyata bisa mempengaruhi psikologis, suasana hati, hingga kondisi kesehatan penghuninya lho. Warna memang memiliki fungsi penting untuk menciptakan hunian yang nyaman serta memperindah tampilan ruangan. Karena itu memilih produk cat dan memberikan sentuhan warna yang tepat pada tembok rumah, bisa membuat Anda nyaman dalam beraktivitas maupun beristirahat bersama keluarga. Salah satunya ditentukan dalam pemilihan produk cat yang sehat. Berikut tips dalam memilih cat interior yang sehat untuk Anda dan keluarga.
Pilih cat yang sehat
Adanya merkuri maupun zat timbal yang terkandung dalam komponen dasar pembuat cat dapat menimbulkan penyakit bagi Anda dan keluarga. Paparan merkuri pada tubuh manusia bisa mengakibatkan munculnya beberapa penyakit seperti gangguan pernafasan, penurunan kecerdasan otak pada anak, kanker, gangguan saraf hingga penyakit jantung.
Ternyata, bau menyengat yang tercium saat tembok baru selesai dicat merupakan indikasi dari tingginya kadar Volatile Organic Compound (VOC) dalam produk cat tersebut. Penggunaan VOC yang melebihi standard akan mengubah cat tembok menjadi zat perusak kesehatan. Di dalam ruangan, konsentrasi VOC bisa meningkat dua hingga lima kali lipat dibandingkan di luar ruangan.
Untuk menghindari hal buruk terjadi pada Anda dan keluarga, pastikan untuk menggunakan produk cat yang tidak mengandung merkuri. Susah susah gampang memang memilih cat yang sehat. Oleh sebab itu, konsultasikan dengan sang ahli seperti jasa arsiteksur maupun jada interior desain untuk memilih dan menggunakan produk cat yang baik dan sehat bagi Anda dan keluarga.
Pilih yang berkualitas
Pemilihan produk cat yang berkualitas merupakan hal penting yang perlu Anda perhatikan. Hampir semua produk cat memiliki warna-warna indah dan beragam namun tidak semua produk mampu mempertahankan keindahan warnanya dalam jangka waktu lama alias warna cepat pudar.
Beberapa produk cat dengan kualitas rendah biasanya mudah mengelupas dan warna cat cepat pudar. Saat disapukan ke tembok, cat juga susah melekat dan menutupi lapisan warna sebelumnya. Akibatnya Anda harus berulang-ulang kali melakukan pengecatan. Ujung-ujungnya akan lebih banyak jumlah kaleng cat yang harus Anda habiskan. Anda pun harus lebih banyak lagi mengeluarkan uang.
Gunakan produk cat rumah dengan bahan resin yang digunakan sebagai komponen dasar campuran pembuat produk cat tersebut. Produk cat dengan kualitas bahan resin menghasilkan daya sebar dan daya tutup bagus serta merata. Cat tembok dengan bahan resin yang baik mampu melekat dengan sempurna pada dinding sehingga bisa membuat warna selalu tampak baru, tidak mudah pudar dan mengelupas, serta tahan lama.
Penggunaan bahan resin dengan kualitas terbaik juga bisa menjadikan cat sebagai pelindung terbaik untuk tembok rumah. Sehingga jamur dan lumut tak mudah tumbuh serta mengotori dinding rumah Anda.
Pelajari cara pengggunaannya
Untuk mendapatkan hasil pengecatan yang sempurna. Anda harus memperhatikan beberapa hal yang tidak boleh dilewatkan. Sebelum mulai menyapukan cat, pastikan tembok Anda sudah kering dan bersih. Hilangkan semua debu yang menempel dan cat lama yang terkelupas. Gunakan amplas untuk meratakan lapisan tembok dan menghilangkan cat lama yang sudah mengalami pengapuran.  
Gunakan campuran air sebanyak 20% untuk lapisan pertama dan 10 % untuk lapisan kedua untuk pengenceran cat. Aduk cat dalam kaleng dengan rata sebelum disapukan ke tembok. Normalnya pengeringan cat pada tembok membutuhkan waktu 2 sampai 4 jam setelah proses pengecatan. Hal ini tergantung pada ketebalan lapisan cat, suhu ruangan serta ketersediaan sirkulasi udara.
Itulah beberapa informasi mengenai cara memilih dan mengaplikasikan cat rumah yang baik untuk hunian Anda. Gunakan cat sehat diimbangi dengan pengaplikasian yang tepat untuk menghasilkan warna cat rumah minimalis yang maksimal. Semoga bermanfaat!
Post Navi

Posting Komentar

0 Komentar