Rabu, 30 Agustus 2017

Tidak Lagi Asyik Sendiri

Tidak Lagi Asyik Sendiri





Pagi ini lagu Kunto Aji yang bertajuk 'Terlalu Lama Sendiri' menemani aku menulis postingan ini. Menginspirasiku untuk membagikan postingan ini. Tentang Bagaimana Era Ini membawa kita Tidak Lagi Asyik Sendiri. Tentang Bagaimana Akselerasi bisnis bersama coworking space di era teknologi.




HUBUD COWORKING SPACE DI BALI: Cinta pertama
Adalah Hubud di Ubud yang pertama kali membuatku jatuh cinta, lalu jadi mengenal apa itu Coworking Space. Dan membangunkan mimpi dalam benak untuk juga membangun ekosistem yang serupa di daerahku.

Ceritanya Oktober beberapa tahun lalu aku ikut Ubud Writer Reader Festival (UWRF). Nah, salah satu panel programnya menempati Hubud yang berada dekat salah satu taman yang terkenal di Ubud. Selama seharian itu kami mengikuti workshop pembuatan film, yang dilanjutkan dengan praktiknya.

Di sela-sela workshop itu kekepoanku muncul karena melihat banyak sekali meja kerja di sana dan orang-orang (terutama bule) asyik bekerja tetapi juga sesembari ngopi, diskusi dan asyik-asyik lainnya. Pas kutanya sama resepsionis, "itu semuanya karyawannya Peter?" (Kuketahui kalau Peter adalah mentor workshop film ini yang sekaligus owner Hubud)

"Oh, bukan. Mereka cuma penyewa," jawab resepsionis, dan selanjutnya dia menerangkan bagaimana orang-orang itu datang ke Hubud dan bekerja di sana.

Untuk pertama kalinya aku jadi tahu konsep coworking space, dan jiwa nomaden-ku segera menyukainya.






HASFA CAMP DI DEMAK: Uji coba
Seperti biasanya jika tertantang sesuatu, aku suka mencobanya sesegera mungkin. Demikian pula yang kulakukan pada salah satu rumah di Demak ini. Berhubung aku banyak tinggal di rumah ibu, rumahku ini jadi bisa dimanfaatkan untuk mimpi-mimpi utopiaku saat itu.

Begitulah Hasfa Camp lahir dan dirintis, melengkapi unit-unit Hasfa Group lainnya yang sudah ada. Hasfa Architecture Consultant dan  Hasfa Publishing. Hasfa Craft& Fashion juga Hasfa Tour adalah mimpi-mimpi berikutnya.

Beruntungnya diriku, sebab perintisan Hasfa Camp ini, kami menjadi bagian dari 100 coworking space yang mendeklarasikan perhimpunannya di tahun 2016. Dus, Agutus ini adalah ulang tahun Coworking Space Indonesia yang pertama. Yeay!!!




EV HIVE: Profesional, Menginspirasi dan Menggoda

Adalah Ev Hive yang ternyata bisa dibilang berkembang menjadi jaringan coworking space tercepat dan terbesar. Agaknya dengan menggandeng banyak pihak dan investor, Ev Hive berhasil membuka cabang sekaligus di beberapa tempat. Sungguh membanggakan.



Ada JSC EV Hive yang punya 5 private offices, 2 meeting rooms, 28 shared desks, 2 skype rooms, game room dan  event space yang bisa mengakomodasi sampai 150 pax. Wow kan?!
Harga sewanya IDR 120,000/day dan  IDR 1,000,000/month. Berlokasi di Jl. Prof. Dr. Satrio No. 7, Karet Semanggi, Jakarta, membuat coworking space ini cocok untuk mereka yang beredar di seputaran Jakarta Pusat. Kayaknya kapan-kapan musti ke sini nih. Aamiiin.


Lalu ada Ev Hive THE MAJA yang mulai beroperasi bulan Juni 2015. Konon The Maja menjadi salah satu yang tempat yang hit dan populer bagi enterpreneur lokal untuk bekerja dan bertumbuh. Ada  3 private offices, 1 meeting room, 32 shared desks, outdoor terrace area, dan event space yang bisa mengakomodasi hingga 80 pax.
Harga sewanya IDR 150,000/day dan IDR 1,000,000/month. Lokasinya di Jl. Kyai Maja No. 39, Jakarta (The Maja Building 2nd Floor)



Dan satu yang bikin penasaran banget gara-gara mbak Dee Lestari suka menceritakan perihal The Breeze di IG-nya, adalah EV HIVE THE BREEZE.

Berada di Tangerang,  EV Hive The Breeze punya 7 private offices, 3 meeting rooms, 32 shared desks, 2 skype rooms, game room, dan event space yang bisa mengakomodasi hingga 150 pax.

Harga sewanya juga IDR 150,000/day and IDR 1,000,000/month.

Karena  berada di The Breeze Lot 69-71 (beside Gold’s Gym), Jl. Green Office Park, BSD, yang ini masuk bucket list dan wish list wajib kunjunganku. Harus. Insya Allah.




Ev Hive D Lab


D.Lab adalah coworking space yang di-back up oleh  Sinarmas Digital Ventures.  Menyediakan shared desks, meeting rooms, dan event space untuk kapasitas 150 pax.

Berlokasi di Jl. Riau No. 1, Menteng, Jakarta Pusat





Lalu ada EV Hive Satellite yang terletak di kawasan Pusat Bisnis & Niaga Terpadu (SCBD). Tepatnya di Equity Tower lantai 8. Lokasi yang sangat strategis dan prestisius cocok dengan mereka yang baru saja memulai bisnis startup. Apalagi  EV Hive di SCBD ini juga dikelilingi oleh beberapa pusat perbelanjaan, pusat makanan, hotel, dan tempat hiburan lainnya.

Kebayang kan aura dan ritme kerja Jakarta yang dinamis juga penuh persaingan, akan sangat terasa di sini? Imbasnya pasti memacu adrenalin juga semangat untuk meraih pencapaian agar bisa bersama-sama orang-orang sukses lainnya di seputaran situ. Plus, biar banyak penghasilan agar bisa kongkow-kongkow dan belanja-belanji di sekitaran sana. #eaaaaaa




Terus, ada EV Hive Dimo yang terletak di kawasan strategis Menteng. Lokasinya sangat dekat dengan EV Hive D.Lab. Hanya beberapa menit dari Halte Transjakarta Sarinah, cocok buat para pelaku start up yang suka menggunakan layanan transportasi ini.

Ev Hive Dimo juga dikelilingi berbagai pusat perbelanjaan, hotel bintang 5, dan juga pusat hiburan lifestyle lainnya. Punya shared Desk, Private Office, dan juga tempat untuk event space yang dapat menampung hingga 150 orang, EV Hive Dimo menjadi pilihan  tepat bagi mereka yang  memilih Coworking Space di daerah Menteng, Jakarta Pusat.


Satu lagi cabangnya, ada EV Hive Tower yang berada di dalam gedung International Finance Center 1 di Jalan Jenderal Sudirman. Merupakan Coworking Space Pertama di Sudirman lho. Lokasinya sangat strategis di jalur pusat bisnis Jakarta, ya kan? Jadi kalau kebetulan kolega ataupun pemberi tugasnya berada di seputaran situ, enak banget untuk bisa ketemuan di tempat ini. Kantormu sendiri. Iya. Karena dengan menyewa meja di Coworking Space, seolah kamu punya kantor sendiri. Ketika butuh menemui kolega atau pemberi tugas, kamu diperbolehkan memanfaatkan sofa-sofa di sana. Asyik kan.


Bekerja di coworking space, selain mendapatkan ambience kerja karena berada satu ruangan dengan orang-orang yang juga bekerja (bukannya bersantai kayak kalau kita pas di kafe), juga banyak potensi meluaskan jaringan. Bertemu orang-orang baru yang kemudian bisa berkolaborasi, atau darinya kita mendapatkan order secara langsung, atau jadi terhubung dengan kenalan-kenalannya yang bisa menjadi klien kita. Daaan, berbagai fasilitas yang disediakan coworking space ini membantu kita menyelesaikan berbagai tugas dan pekerjaan. So, tidak berlebihan jika dikatakan bahwa di era teknoogi ini, coworking space membantu akselerasi bisnis kita.

Karena kita tidak lagi asyik sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar