4 Tahun Indonesia Kreatif


4 Tahun Indonesia Kreatif





Berada kembali di event Flash Blogging yang diselenggarakan Kominfo kali ini memang salah satu hal yang aku tunggu-tunggu. Bukan saja karena akan banyak sekali ilmu dan wawasan yang akan kami dapat, tetapi juga energi memperoleh re-charge. Sehingga memantapkan diri untuk tetap menempuhi jalan ini, sebagai blogger dan influencer yang turut berperan bagi bangsa tercinta untuk Indonesia Lebih Baik.


Kali ini temanya adalah 4 Tahun Indonesia Kreatif. Sebagai arsitek, penulis dan sekaligus blogger, tema ini berasa makin mendarah daging. 

kreatif/kre·a·tif/ /kréatif/ a 1 memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan; 2 bersifat (mengandung) daya cipta: pekerjaan yang -- menghendaki kecerdasan dan imajinasi;


Acara dibuka oleh Ibu Rosarita Widiastuti Dirjen Informasi Komunikasi Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia. Takjub sekali dengan speech beliau yang lancar dan berbobot meskipun tanpa membaca teks. Aduuuuh, pengen banget bisa seperti itu.


Aku setuju dengan pernyataan Ibu Rosita bahwa kreatifitas masyarakat kita memang semakin meningkat. Dan tentu saja prestasi kita adalah prestasi bangsa.
Tahun 2020 Indonesia berpotensi menjadi negara maju ke-5 di Dunia. Sudah terlihat kemarin saat event  Asian Games, kita berada di urutan ke-4 dengan 31 medali emas. Di event Paragames, kita mendapatkan 33 emas. Prestasi ini bisa diraih sebab adanya kebijakan-kebijakan yang mendukung dan mendorong para pahlawan kita ini. Antara lain dengan banyaknya hadiah yang mereka peroleh. Atlit-atlit mendapatkan  apresiasi atas mereka.

Angka kemiskinan Indonesia selama 30 tahun tidak  pernah 1 digit. Kini turun dari 10,2% jd 9% Semua tak lepas dari kebijakan-kebijakan strategis. Ada kebijakan dana desa. Masyarakat desa bisa berkarya di daerah masing-masing.  Bahkan dari rumah sendiri. Bisa  menentukan sendiri apa yang mereka butuhkan. Customized.

Awalnya mungkin infrastruktur, seterusnya pengembangan sumber daya manusia. Dengan  harga BBM yang sama, masyarakat mendapatkan keringanan. Tugas kominfo sebagai government public relation, siapapun pemerintahnya. Menjadi humas Menyampaikan literasi pada masyarakat. Bandara-bandara  kini pun jadi modern dan  bagus-bagus.

Nawacita memang membangun dari pinggiran. Tidak jawa sentris. Tapi semua diperhatikan Jalur kereta api dibuka di Sulawesi, Sumatra dll Ada trans Papua, trans Kalimantan. Dampak infrastruktur tidak langsung. Tapi masyarakat  mudah akses transportasi, sehingga  produk bisa jual langsung.


Melalui UMKM go online, kominfo mendorong agar generasi milenial mengambil peran dalam industri. Melalui pembinaan  start up, pelatihan-pelatihan  hackaton, mereka  dipertemukan, agar meningkat jadi unicorn.
4 unicorn di Indonesia yang sekarang hits ada gojek, traveloka, bukalapak, toped. Melalui industry kreatif inilah, mereka mengubah dunia.

Gojek bahkan berada di peringkat 17 sedunia. Dengan  biaya murah, efektif, efisien, semua bisa tersedia dengan mudah. Industri yang based on Economy sharing ini bahkan  mengembangkan rintisan  sampai ke vietnam juga. Inilah perkembangan Indonesia yang membanggakan


Tahun depan ada beasiswa untuk 20 ribu generasi milenial. Semua melalui online. Peluang bagi gen milenial untuk menoptimalkan digitalisasi. Pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan Kominfo bekerjasama dengan google, Microsoft dll, antara lain: Artificial intelegent system Cyber security etc

Yang analog, digital didorong untuk meningkatkan produktifitas di semua level Akan kita capai jika Indonesia dalam situasi stabil, damai. Tapi yang terjadi bisa  sebaliknya jika energi habis untuk menangani konten-konten negatif, hoax, intoleransi dll.

Situasi saling curiga, apapun salah, bahkan prestasi seperti freeport yang seharusnya disyukuri malah dinyinyiri, tentu tidak akan kondusif.  Konten-konten negatif meruah di dunia maya. Maka orang-orang  baik diharapkan memenuhi dunia maya dengan konten-konten positif.  Bayangkan saja dalam 1 menit ada 3,3 jt informasi.

Ada 29 juta traffic via whatsapp. Jika infonya negatif, akan memengaruhi cara kita berfikir, bertingkah laku, bersikap Kita bisa mengisi ruang-ruang kosong di dunia maya dengan tulisan-tulisan yang membangun optimisme. Situasi di dunia maya akan memengaruhi dunia nyata


Konten-konten negatif, hoax bisa menyebabkan disintegrasi bangsa. Jadi cek dan ricek, apakah konten-konten tersebut benar.  Perhatikan rumusan ready, responsibility, emphaty, authentic, integritas.

Selain membagikan hal-hal  berkaitan dengan gempa, musibah pesawat, dll kita juga perlu membagikan tentang hal-hal positif seperti  obat-obatan, inovasi. Jika ada hoax tentang obat-obatan, maka orang sakit yang seharusnya mendapatkan pertolongan malah menjadi korban karena mengkonsumsi obat yang salah. Kita harus mengedukasi masyarakat.

Tugas  Kominfo membatasi akses misal dengan memblokir dengan berbagai tahapan. Tahun kmrn ada 800 akun diblokir. Kita harus  waspada dalam menggunakan medsos, karena rekam jejak digital tidak akan hilang. Karena dalam big data akan terlihat semua. Lebih baik kita share yang bagus-bagus,  misal untuk promosi, edikasi, sosial dll yang positif.
 Dengan keaktifan blogger di medsos dan Dunia online maka lama-lama hoax akan menyingkir. Yuk peduli untuk membawa pada Indonesia damai dengan konsensus nasional untuk Indonesia maju.

Selanjutnya ada Bapak Andoko  Darto Staf Ahli Kominfo  yang sharing di sesi kedua.
Kita semua bisa kreatif. Apapun bisa kita buat kreatif.
4 thn ini ada banyak kebijakan-kebijakan kreatif yang dilakukan, bahkan untuk masa depan Indonesia. Kita sedang berada dalam Middle income trap. Nah sudah tiga tahun nih berada di kelas menengah melulu, jangan sampai  terjebak di sana terus



Pak Andoko juga memaparkan tentang keberadaan anak muda yang terbagi dalam beberapa archetype/model
-Kreator
-Peduli,yang punya  jiwa ingin menolong
-orang biasa
-pahlawan, ex: atlit, tim sar
-cendekiawan
-explorer

Kamu ingin jadi apa?





Saat ini di Indonesia terus digalakkan pengembangan ekonomi kreatif. Ada Go startup Indonesia, tempat bertemunya start up dan investor. Ada bantuan insentif pemerintah untuk ekraf dan startup bagi berbagai bidang.

Ada pembiayaan bagi masyarakat yang belum tersentuh.

Pak Andoko saat gabung pemerintahan 2015 baru tahu kalau banyak warga negara (27 jt orang) belum punya  listrik selama 70 tahun setelah merdeka. Alhamdulillah, pemerintah mempercepat  agar semua rakyat menikmati listrik

Ada banyak beasiswa untuk mendorong makin banyak cendekiawan di Indonesia



2017 devisa dari pariwisata meningkat tinggi Daya saing wisata naik


Pengembangan 10 destinasi wisata









 Video-video yang disajikan di sesi ini memberikan banyak insight inspiratif bagi kami. Ada banyak cara-cara kreatif untuk membagikan inovasi-inovasi kreatif anak bangsa, yang jika disebarluaskan maka akan menumbuhkan semangat kreatif lebih banyak lagi orang dan meningkatkan aura positif kondusif dan supportif bagi Indonesia yang Lebih Baik. 


berikut rancangan kreatifku berikutnya, insya Allah. semoga sedikit banyak berkontribusi bagi bangsa


So, hal kreatif apa yang kalian ingin sumbangkan untuk kemajuan bangsa tercinta kita ini?

Bagi teman-teman yang mau ikut menyumbangkan kreatifitasnya, boleh juga nih mengirimkan karya untuk gelaran Festival Kayon Sembilan yang digelar Dewan Kesenian Demak. Kebetulan aku menjadi ketua komite Sastra DKD Demak, dan sedang menyusun buku puisi, cerita daerah dan mengumpulkan buku-buku karya penulis, seniman dan sastrawan asal Demak














Post Navi

Posting Komentar

0 Komentar