Writravellicious Goes To Oaktree Emerald

Writravellicious Goes To Oaktree Emerald


Aku lupa-lupa ingat kapan pertama kali melihat tulisan Hotel Oaktree Emerald. Kurasa mungkin di sebuah baliho besar di sudut pertigaan daerah Kariadi atau mana. Dan kemungkinan juga baru-baru ini. Siapa yang mengira bahwa sekelebat keinginan mencoba yang selalu muncul tiap kali melihat promo tempat baru, tahu-tahu terkabul beneran. 


 Jadi siang itu begitu aku memperoleh kabar dapat gratisan menginap di Oaktree ini, langsung tanpa ba bi bu, kuajak anak-anakku untuk berkemas. Kebetulan ini hari Ahad, dan besok tanggal merah karena hari Maulid Nabi Muhammad SAW.




 Kami naik bis dilanjut taksi menuju hotel yang letaknya bisa diakses dari beberapa jalur. Bisa dicapai dari arah jalan Sultan Agung. Paling enak masuk ke jalan depan Grand Edge, turun ke arah Papandayan. Dan bisa juga dicapai dari arah Sampangan pas di pertigaan pasar Sampangan itu belok kiri, naik terus. Daerah ini tak asing bagiku karena jaman kuliah arsitektur dulu, aku suka asistensi ke dosenku yang tinggal di sekitar sini.




 Kami tiba di lobby hotel sekitar jam satu siang. Wah sangar bener. 170 kamar yang  tersedia benar-benar full booked. Dan tamu yang sudah kadung reservasi pun harus menunggu para tamu yang check out siang itu, ataupun kamar yang mungkin sudah ditinggalkan penghuni terdahulu tapi masih harus dibersihkan oleh house keeping-nya.






 Lihat antrian orang sebanyak itu di lobby, kupikir hebat sekali ya Oaktree ini yang notabene mblusuk lokasinya tetapi jadi magnet banyak orang. Lalu kurasa mungkin justru memang orang-orang cari yang seperti ini. Oase di tengah perkotaan. Ketika orang bisa merasakan alam yang asli, alami, tapi sekaligus tidak jauh dari tempat-tempat hang out yang bisa dikunjungi saat berlibur. Dus, tentu saja karena ini libur panjang sebab libur akhir pekan dari Jumat sore bersambung sampai Senin sore.





Karena masih harus menunggu kunci kamar, aku dan anak-anak pergi ke musholla-nya dulu untuk sholat dhuhur. Musholla ada di lantai tiga, bersebelahan dengan ballroom. Tapak yang terletak pada perbukitan menjadikan ruang-ruangnya menjadi sangat dinamis. Karena pengolahannya yang apik dan respon terhadap tapak menghadirkan mezanin-mezanin juga ruang-ruang yang continous dengan tangga-tangganya. Membuat ruang-ruang yang ada di lantai tiga ini terutama sangat luas sekali.


 Usai sholat kami kembali lagi ke lobby di Ground floor untuk mengambil kunci. Masih agak lama menunggunya karena memang banyak sekali tamu yang antri. Bahkan tamu terus saja berdatangan. Sebagian malah membawa keluarga besar dengan anak-anak kecil yang lucu dengan tingkah polahnya.



Setelah sabar menunggu, akhirnya kami dapat kunci juga. Kamar kami terletak di lantai lima, dekat dengan lift. Alias ada di bagian paling depan gang/koridor.

 Di lift yang diberi lapisan wall paper berhiaskan pepohonan itu, tak lupa kami berwefie ria. Hehe. Pengalaman menginap bersama begini selalu menyenangkan. Di homestay Ubud Bali Oktober 2012, hotel Ketapang Indah Banyuwangi Desember 2013,  Hotel Bunga Karang Bekasi 2014, Hotel Taman Wisata TMII 2015, dan di penghujung 2016 ini di Oaktree.

 Di setiap lantainya, selalu ada ruang duduk dekat lift yang dindingnya digarap dengan hiasan yang sangat menarik. Menjadi eye catching yang bisa ditangkap langsung saat pintu lift terbuka. Sungguh pengalaman arsitektural dan seni yang mengkayakan.

 Ruang duduk ini berhubungan langsung dengan ruang terbuka, tanpa kaca. Sehingga udara  segar bisa mengalir dengan bebasnya. Dan pemandangan alam perbukitan yang sangat indah bisa kita nikmati tanpa penghalang.

Inilah yang menjadikan setiap koridor di manapun dalam hotel ini tidak menggunakan AC. Karena penghawaan alamiahnya sudah mencukupi. Dan memang inilah yang menjadi salah satu daya tarik dan sekaligus daya jualnya.


 Sore sehabis kami melepas lelah di kamar, anak-anak langsung mengajak berenang. Kolam renang ada di lantai dua. Dan area ini yang paling surga di hotel Oaktree. Kolam renang langsung menghadap view perbukitan yang hijau, segar, alami dan indah.

 Ada dua kolam yang dipisahkan dengan peil ketinggian lantai dan rimbun pepohonan di dua ujungnya. Satu kolam panjang dan lebih dalam untuk dewasa. Dan satu lagi lebih kecil dan tidak dalam untuk anak-anak.


 Jenis-jenis vegetasi yang dipilih untuk menjadi bagian lanskap kolam ini mengingatkanku pada mata kuliah lanskap waktu masih ngampus di arsitektur Undip belasan tahun lalu.


 Dari tempat duduk di tepi kolam ini, kita bisa melihat bangunan hotel yang menjulang tinggi. Seluruhnya ada dua belas lantai. Ground floor untuk lobby. Lantai dua untuk kolam renang, fitness centre, spa dan resto. Lantai tiga untuk ballroom. Tersedia kamar-kamar di lantai 1-11 yang berhadapan dengan koridor di antaranya. Sebagian memiliki view kota, sebagian memiliki view perbukitan.

 Bersebelahan dengan kolam renang ini ada Pinus Beer And Garden. Alunan musik terdengar dari sana. Dan menjelang senja, semakin banyak orang turun mendekat ke pojok area ini untuk menikmati suasana pergantian hari.



Anak perempuanku tak mau turun renang karena cuaca memang agak kurang mendukung. Gerimis. Dia duduk di kursi kayu panjang bersama ibu-ibu yang menunggui anak-anaknya berenang.


Tapi anak lelakiku nekat saja terjun ke kolam. Sebab dia tak bisa menolak godaan untuk memanfaatkan kolam renang selagi ada di depan mata. Hehe.


Kursi-kursi cantik berbahan besi stainless steel tampak kedinginan di dak lantai kayu tepi kolam renang. Tapi aku tak tergerak menemaninya karena gerimis belum jua kunjung reda. Ahay. Ngakunya aja pecinta hujan, tapi kok nggak mau hujan-hujanan.


 Malah cuma foto di bawah pepohonan dekat kolam demi mengabadikan tulisan Oak Tree yang terpampang di sebilah papan kayu yang dipaku di pohon.




Setelah berenang, kelaparan dong. Jadi kami makan di Cendana Restoran, tempat makan yang disediakan hotel. Anak-anak kompak memilih menu cumi. Dan tambah nasi karena kalau berteman dengan kentang saja, dijamin pasti masih akan kelaparan. hehe.




Pulang dari resto, kami jalan-jalan melalui arcade alias koridor yang juga bersebelahan langsung dengan alam terbuka. Sebagai pengamannya, digunakan teralis-teralis besi yang dihiasi dengan tanaman-tanaman menjalar yang membuat bangunan tak berkesan masif dan kaku.


Malamnya karena kebetulan bertepatan dengan maulid nabi Muhammad SAW, kami bertiga menyenandungkan sholawat-sholawat di dalam kamar. Dibantu oleh youtube sholawatan yang lancar karena wifi hotel lumayan kencang. hehe.




Pagi kami turun ke resto untuk sarapan dan menikmati nasi gorengnya yang lezat.  Aneka menu tersedia. Juga aneka minuman serta aneka salad. Bebas milih.


Usai sarapan, kami jalan-jalan lagi menikmati lingkungan hotel yang asri dan sejuk. Berjalan kaki sepanjang jalan Watuwalang yang berisi hotel dan beberapa rumah mewah yang tinggi-tinggi, besar dengan desain arsitektural yang memanjakan mata.


 Hotel Oaktree Emerald yang terletak di ujung jalan ini memang menjadikannya tak terlihat dari jalan raya. Serupa sanctuary atau tempat persembunyian yang tepat untuk hiatus. Menjadi tempat untuk berkontemplasi, refleksi, mencari inspirasi.


 Anakku bahkan berjalan-jalan sampai ke pinggiran tebing karena tertarik dengan pemandangan sungai yang ada di bawah sana. Benar-benar surga ya.

Karena itulah Oaktree punya penawaran program One Night Paradise dengan harga yang lebih terjangkau.  Buat teman-teman yang mau mencoba surga ini, bisa langsung googling alias browsing program kece ini.

Setiap sudutnya menakjubkan dan menimbulkan decak kagum. Pepohonan dengan dedaunan yang menjulur itu terutama yang membuat hati berdesir.





Harmoni cabang, dahan, ranting dan hijau dedaunan membuat rindang pepohonan menjadi  harmoni  yang akan terus melekat dalam ingatan. Tanpa sadar membawa kesegaran dalam jiwa dan pikiran. Sehingga saat akhirnya meninggalkan tempat indah ini, diri seakan menjadi terbarukan kembali. Karena mendapatkan charge energi.



Interiornya juga ciamik. Aku memanfaatkan masa-masa menunggu anak-anakku mandi dll, dengan memanfaatkan lampu baca di sudut meja untuk merampungkan jadual literaturku minggu ini.



Kursi di ruang duduk dekat lift, yang bersebelahan langsung dengan alam terbuka itu juga potensial sekali untuk tempat membaca. Atau sekedar duduk-duduk menikmati indahnya alam raya ciptaan Tuhan yang Maha Kuasa.


Aku dan anak-anak menyempatkan diri untuk naik ke lantai paling atas, lantai dua belas, karena ingin tahu ada apa di sana. ternyata hanya dak atap. So kami turun ke lantai sebelas untuk melihat pemandangan yang bisa dinikmati dari ketinggian ini.



Oh ya, dan selalu tak lupa ber wefie ria. Alamaaaak...



Wah, mobilnya kayak mobil-mobilan ya. seru anak-anakku. Subhanallah. Pemandangan yang menajubkan. Perpaduan vegetasi alam perbukitan yang hijau, jalan berliku berwarna abu beton dengan aneka warna mobil di parkiran hotel, serta biru bersemu coklat sungai yang mengalir di bawah sana.
 Dari ketinggian ini, tampak juga gedung berlian di jalan pahlawan, tempatku sharing kepenulisan beberapa hari lalu. Dan rumah-rumah yang tampak seperti rumah-rumahan saking kecilnya.



Di lantai dua belas ini hiasan back drop dindingnya menggunakan aneka cermin dalam berbagai model bentuk bingkai dan warna corak tekstur yang alami, serta penataan yang  dinamis. Cantik!


 Akhirnya satu hari menginap di Oaktree telah habis masanya. Sembari menunggu datangnya taksi untuk mengantar kami pulang, sekali lagi kami menikmati indahnya interior lobby. Dengan perpaduan manis antara material lantai, dinding, langit-langit, aksesoris, lampu juga furniturenya.




 Mostly, karena konsepnya alamiah maka motif yang dipilih semuanya adalah dedaunan. Bahan finishing serpihan dan bilah kayu yang ditata horisontal menjadi material finishing penutup dinding di area resepsionis maupun dinding yang membingkai dua lift di masing-masing lantai. Beautiful!





Post Navi

Posting Komentar

15 Komentar

  1. Balasan
    1. iya, mbak, cakep banget. anak-anakku mau lagi katanya :D

      Hapus
  2. Wow.. keren y mbak. Tar kalo ada promo, mau ikut memupuk "sekelebat keinginan mencoba" nya mba dian ah. Mana tau keturutan bener kek mba dian yaaaa..hihihi. *aaamiinn*

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin aamiin ya robbal alamiin. semoga keturutan, mbak :)

      Hapus
  3. Pingin jg dpt gratisan. Tempatnya asyik mbak dian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, asyik banget. aamiin aamiin semoga ya:)

      Hapus
  4. Pingin jg dpt gratisan. Tempatnya asyik mbak dian :)

    BalasHapus
  5. Anak2 meati ya mbak klo liat kolam renang langsung deh. Anakku jg gtu ga bisa liat kolam renang...hawanya udh langsung nyebur n mentasnya angel pwool hehehhe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sama ya berarti. nggak peduli gerimis ataupun panas ya

      Hapus
  6. Wah, hotel dengan pemandangan alam memang juara...

    BalasHapus
  7. kawasan nya adem ya mbak, enak banget liat foto fotonya

    BalasHapus
  8. Pantes aja hotelnya penuh. Abis walaupun agak ke dalam lokasinya tapi nyaman kelihatannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa, kayaknya semakin jadi favorit orang-orang

      Hapus