Kamis, 10 November 2016

Writravellicious Goes To Gardens By The Bay Singapore

Writravellicious Goes To Gardens By The Bay Singapore
 
Setelah berjalan sekitar sepuluh menit dari Marina Bay, akhirnya aku sampai ke Gardens by the Bay,  ruang terbuka hijau (taman) yang terletak di tengah kota Singapura.

Taman ini konon memiliki luas area sekitar 101 hektar. Terdiri atas tiga kebun yang terletak di tepi teluk yaitu Bay South dan Bay East, yang dihubungkan oleh Bay Central. Ada lebih dari 250.000 tanaman langka di dalam konservatorium berbentuk kubah besar di sini. Wow ya?!


Singapura memang negeri kecil dan nyaris tidak mempunyai kekayaan alam. Namun, Singapura adalah negara kaya yang bisa mewujudkan apa yang tidak dipunyainya. Gardens By The Bay inilah salah satu contohnya. Tuh, gimana kita nggak mengakui bahwa uang bisa bikin apa saja. 
#Eaaaa btw, aku bukan agen kapitalisme ya. Ahaha :D


Bay South merupakan taman yang paling luas dibanding dua taman yang lain. Luasnya mencapai 54 hektar dan terdiri dari dua dome (rumah kaca) besar dan taman terbuka hijau yang di dalamnya terdapat 18 Supertree (pohon raksasa). Kedua dome itu berisi ribuan tanaman yang berasal dari daerah tinggi. Suhu di dome itu sangat diatur kelembabannya. Bahkan, di dome Cloud Forest pengunjung langsung diterpa udara sejuk berkabut seperti hawa pegunungan pada pagi hari.

Aku sangat menikmati Supertree di Gardens By The Bay ini. Supertree adalah bangunan yang berbentuk pohon raksasa. Kolom pohon ini terbuat dari beton yang ditutup dengan kawat yang telah ditumbuhi beragam tanaman. Pada intinya, Supertree adalah taman vertikal. Jadi, di lahan yang sempit ratusan tanaman bisa ditanam dan menghasilkan oksigen yang menyegarkan.
Supertree berjumlah cukup banyak, yakni 18 buah. Bervariasi tinggi antara 25 dan 50 m, tiap pohon super mengetengahkan bunga-bunga tropis dan pelbagai pakis-pakisan yang merambat pada rangka bajanya. Kanopi yang luas juga berfungsi sebagai pengatur suhu, penyerap dan penyebar panas, yang sekaligus memberi perlindungan dari suhu panas bagi pengunjung yang berjalan di bawahnya.




Gimana sih bisa ada taman sebesar, seluas, semodern dan seindah ini?
Jadi konon semua berawal dari konsep Singapura yang ingin menjadikan negaranya "kota" di tengah kebun. Maka pada tahun 2006 dibuatlah perencanaan dengan menyaring 70 ide dari 170 perusahaan yang berasal dari 24 negara. Jadi semacam lelang gitu kali ya kalau di sini.

Hasilnya, pada tahun 2007 dimulailah mega proyek bernilai US$1 triliun bernama Gardens by the Bay. Proyek ini akhirnya dikerjakan oleh Grant Associates untuk sisi Selatan (Bay South Garden) dan Gustafson Porter untuk sisi Timur (Bay East Garden), serta melibatkan arsitek dari Wilkinson Eyre Architects dan CPG Consultants Pte Ltd, general contractor dari Woh Hup Pte Ltd, dan Serge Ferrari yang memproduksi layar pelindung matahari seluas 25.000 meter persegi yang dapat bergerak otomatis.

Wow, keren kan!


Taman ini masih akan terus berkembang, begitu juga dengan ruang-ruang yang dapat difungsikan untuk penyelenggaraan kegiatan MICE.





Pada area "pohon super" ini juga terdapat jembatan yang dapat digunakan untuk mengamati suasana kebun dari ketinggian. Selain itu, pada Bay South Garden juga terdapat taman bermain anak, kebun hortikultura, restoran, dan pasar kembang


Lalu ada Flower Field Hall terletak di Flower Dome. Ruangan ini akan memberikan pengalaman tak terlupakan melalui ribuan lampu di langit-langitnya yang akan terus berubah warna seperti warna pelangi. Dari balik pintu kacanya, pengunjung juga tetap dapat merasakan suasana nyaman dan sejuk yang ditimbulkan dari bunga-bunga asal Benua Eropa. Sementara di sisi lain, pengunjung dapat menyaksikan tepi laut Singapura yang diwarnai hilir mudik kereta gantung Marina Bay Skyline. Venue 1.200 meter persegi ini sangat cocok untuk beragam kegiatan MICE, seperti gala dinner, fashion show, peluncuran produk, dan pesta pernikahan. Kapasitasnya dapat mencapai 700 hingga 1.100 orang. 

Bagi mereka yang ingin menyewa tempat ini, tersedia pintu masuk eksklusif dari Flower Dome, meja pelayanan khusus untuk pendaftaran tamu, ruang tunggu VIP yang dilengkapi dengan kamar mandi, sound system standar, proyektor beserta layarnya, dapur yang siap memasak menu-menu masakan Tiongkok dan Barat, toilet dan lift untuk penyandang cacat, dan lift barang. 


Tepat berada di belakang Flower Field Hall, terdapat ruang 600 meter persegi yang memiliki pemandangan luas ke perairan Marina Bay, itulah Water View Room. Ruangan yang dapat menampung hingga 500 orang ini dapat digabung dengan Flower Field Hall, atau digunakan terpisah untuk acara cocktail party, peluncuran produk, seminar atau workshop, dan pesta pernikahan. Ruangan ini dilengkapi dengan mobile sound system, proyektor beserta layarnya, ruang persiapan makanan


Kemudian ada Silver Leaf,  area outdoor berbentuk daun yang terletak di bawah rimbunnya Supertrees dan berada dekat dengan danau Dragonfly. Dengan luas mencapai 600 meter persegi, area ini dapat digunakan untuk beragam pameran, peluncuran produk, pesta pernikahan, cocktail party, hingga makan malam. Area ini juga menyediakan mobile genset. Untuk melayani kebutuhan pesta dan acara berskala besar, area ini juga memiliki akses bagi mobil-mobil supplier untuk membongkar barangnya langsung di dekat lokasi. Untuk layanan parkir, tersedia area yang dapat menampung hingga 407 mobil yang berjarak sekitar 10 menit berjalan kaki dari area ini. Bagi pengguna kereta MRT, area ini dapat diakses lebih cepat karena Stasiun Bayfront dapat dijangkau hanya dengan waktu lima menit berjalan kaki.



Dan terdapat The Meadow,  area kebun outdoor terluas yang dimiliki Singapura. The Meadow yang berarti padang rumput ini dapat menampung kerumunan massa hingga 30.000 orang. Dari lapangan rumput ini, kita dapat menyaksikan megahnya kubah Bay South Garden, Supertrees, dan gedung-gedung tinggi Singapura.
Dengan luas area mencapai 22.000 meter persegi, area ini sangat cocok untuk berbagai macam acara, seperti penyelenggaraan konser musik, festival, karnaval, peluncuran produk, dan kegiatan olahraga. Untuk acara-acara yang membutuhkan kursi dalam jumlah banyak, pihak Gardens by the Bay juga dapat menyiapkan ribuan kursi bergaya Timur maupun Barat, sumber listrik yang dapat diletakkan sesuai dengan kebutuhan acara, akses untuk  kendaraan-kendaraan supplier event, dan akses Internet nirkabel gratis.


Sayangnya, waktuku sempit sekali untuk bisa merambah semua bagian dari Gardens by the Bay yang sangat luas ini. Mungkin butuh seharian semalaman atau bahkan dua hari untuk bisa menikmati semua sudut-sudutnya yang indah dan memorable banget.

Karena harus bagi waktu untuk bisa berkunjung juga ke Sentosa hari ini, maka dengan terpaksa aku musti say goodbye pada taman yang indah ini. Hiks. Sampai jumpa lain waktu ya.

Semoga akan ada kesempatan lagi, dan mungkin bareng anak-anak di kesempatan yang akan datang. Aamiin. Insya Allah.

2 komentar:

  1. Mb dian you look so beautiful in that dress...kota singapura mmg cakep ya mb bersih & rapi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aish..terima kasih mbak.
      iya, resik dan nyaman mbak :)

      Hapus